Yayasan Saleema Foundation Tinjau Lokasi Islamic Boarding School Pessel

47

PAINAN—Pemerintah  Kabupaten Pesisir Selatan bersama Yayasan Saleema Foundation meninjau lokasi pembangunan Islamic Boarding School di Kampung Sikabu, Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Pessel. Pesantren bertaraf internasional tersebut rencananya bakal menampung 1000 santri dari daerah setempat.

“Ya, ini bukti keseriusan pihak Saleema Foundation dengan Pemkab Pessel. Mereka minta sertifikat hibah tanah segera diselesaikan khususnya untuk pembangunan 75 unit rumah warga miskin. Nanti dilokasi ini juga ada Masjid, pasar, sarana olahraga, dan sebagainya,” ujar Bupati di sela-sela kunjungannya, Minggu (6/10).

Bupati menuturkan, lebih kurang 10 hektare lahan bakal disediakan untuk pembangunan Islamic Boarding School melalui dana pihak ketiga Saleema Foundation lembaga nonprofit yang berkantor pusat di Dallas Texas, Amerika Serikat.

“Sekitar 1 hektarenya kita peruntukan untuk pembangunan rumah warga kurang mampu. Nanti sebanyak 75 KK yang tinggal disini kita pekerjakan untuk menjaga Islamic Boarding School ini. Pokoknya semua fasilitas bakal dilengkapi dengan sarana yang memadai,” ucapnya.

Sementara itu, Ahmad Zaky selaku Konsultan Saleema Foundation menyebutkan, lokasi yang ditinjau saat itu cukup bagus. Pihaknya bakal memplaningkan seperti apa langkah konkrit kedepannya.

“Insya Allah daerah ini bakal berkembang nantinya. Kami berharap daerah Lengayang ini bisa jadi percontohan daerah lain, khususnya di Sumatera Barat (Sumbar),” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk Islamic Boarding School bertaraf Internasional sudah berdiri 3 lokasi di Indonesia. Namun, khusus Saleema Foundation baru pertamakali di dirikan di Kecamatan Lengayang dengan daya tampung santri sebanyak 1000 orang.

BACA JUGA:  Dihadiri Bupati Gusmal, Polres Solok Gelar Apel Pasukan Jelang Operasi Patuh Singgalang 2019

“Untuk tahap awal kami fokus ke proses disain, selanjutnya kami ajukan gambarnya seperti apa, dan setelah itu baru kita buat MoU dengan Pemkab Pessel. Insya Allah tahun depan sudah mulai jalan. Hal ini bukti komitmen Saleema Foundation dengan Pak Bupati untuk bersatu memajukan daerah,” ujarnya.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Loading...
loading...