Yayasan Saleema Foundation Akan Bangun 75 Rumah Layak Huni di Lengayang Pessel Tahun Ini

PAINAN–Yayasan amal Saleema Foundation asal Dallas Texas, Amerika Serikat, bakal membangun sebanyak 75 unit rumah layak huni di Kecamatan Lengayang Kab. Pesisir Selatan pada tahun ini.
“Benar, kemarin saya langsung video call dengan pihak Saleema Foundation Amerika Serikat. Ternyata mereka masih konsisten. Intinya kita dari Pemkab harus menyiapkan tanahnya dulu,” ujar Bupati Pessel Hendrajoni di Painan, Minggu (15/9).
Menurutnya, sesuai rencana pembangunan rumah layak huni sebanyak 75 unit itu, bakal disegerakan tahun ini. Selanjutnya akan diperutukkan pada masyarakat yang kurang mampu di daerah itu. “Sejumlah persiapan terus kami matangkan. Seperti lokasi dan pembebasan lahan seluas satu hektare,” katanya.
Ia menuturkan, pembangunan rumah layak huni di Kabupaten Pesisir Selatan terus digencarkan. Selain mengandalkan anggaran dari APBD daerah, pihaknya juga melakukan lobi-lobi ke pusat melalui Kementerian PU-PR dan pihak ketiga.
2019 ini, Pemkab Pessel menerima bantuan pembangunan rumah layak huni dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebanyak 1.000 unit.
Pada 2018, pemerintah pusat juga menyalurkan bantuan pembangunan rumah layak huni kepada Pemkab Pessel sebanyak 2.035 unit, serta pada 2017 sekitar 60 unit.
“Persoalan ini mesti mendapat perhatian kita bersama. Tak hanya pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Namun, kecamatan hingga nagari harus merespon cepat. Idealnya jelang 2021 persoalan ini bisa kita tuntaskan,” katanya menegaskan.
Menurut dia, jika persoalan tersebut tidak segera ditangani, maka lingkungan sekitar akan mendapat banyak kerugian mulai dari berdampak negatif terhadap psikologis, masalah kesehatan, sosial dan sebagainya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Pessel, Mukhridal menjelaskan, hingga kini masih terdapat sebanyak 10.956 unit rumah tidak layak huni yang tersebar pada 15 kecamatan dan 182 nagari.
“Ya, sekitar 6.812 kepala keluarga masih menumpang dirumah kerabat dikarenakan belum memiliki tempat tinggal tetap,” ujarnya.
Reporter: OKIS ROCKIN
Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

BACA JUGA:  Musibah Galodo Melanda Nagari Padang Laweh Tanah Datar. Dua Rumah Hanyut, Akses Jalan Lingkar Danau Singkarak Tersumbat
loading...