Wujudkan Tatanan Kehidupan Baru, Pemkab Solok Libatkan Peran Ninik-Mamak

LKAAM
Bupati Gusmal melakukan Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 25 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan pola hidup baru dalam rangka antisipasi dan penanganan covid-19 di Kab. Solok dihadapan pengurus LKAAM setemat, Kamis (4/6).

Beritanda1 – Menyongsong  pelaksanaan tatanan kehidupan baru (New Normal) yang direncanakan pekan depan, Pemeritnah Kabupaten Solok terus melakukan  Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup)  Nomor 25 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan pola hidup baru dalam rangka antisipasi dan penanganan covid-19 di Kab. Solok.

 

Dihadapan jajaran pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) setempat, Bupati Solok H. Gusmal yang juga ketua LKAAM Kabupaten Solok mengawali sosialisasi dengan memaparkan kondisi penyebaran Covid-19 agar dampak penyebarannya lebih dipahami oleh para pemangku adat tersebut.

Dikatakan Gusmal, pihaknya sengaja mengundang  niniak mamak mengingat posisi seorang mamak sangat strategis dalam memberikan dan mengayomi anak kemanakan, termasuk juga bagi masyarakat sekitar.

“Diharapkan peran ninik-mamak membantu pemerintah dalam mengajak keluarga dan masyarakat untuk mematuhi dan disiplin dalam menjalankan pola hidup baru nantinya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” sebut Gusmal di ruang Solok Nan Indah Arosuka, Kamis (4/6).

Ikut hadir dalam sosialisasi Perbup ini Wabup Solok  Yulfadri Nurdin,·         Asisten Koordinator (Askor) Bidang Pemerintahan Edisar, Askor Ekbangkesra Medison, Askor Administrasi Sony Sondra, perwakilan Forkopimda dan sejumlah kepala SKPD.

Bupati Solok menjelaskan, semua yang dilakukan demi mewujudkan kehidupan yang produktif kembali dalam keadaan yang aman dan nyaman. Sebelum memasuki era new normal nanti, kata Gusmal, pemerintah daerah juga telah melakukan berbagai upaya penanggulangan penyebaran covid-19,  diantaranya ialah dengan memberlakukan PSBB yang sudah berjalan selama 3 tahap

Dengan berakhirnya masa PSBB ke tiga, maka tugas kita akan semakin berat karena akan menjalani fase kehidupan normal yang baru. Semuanya  tetap mengedepankan keselamatan dan kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran wabah covid-19.

“ Untuk pelaksanaan berbagai kegiatan sosial di lingkungan masyarakat nanti, maka penanggungjawab kegiatan terlebih dahulu harus mengantongi izin dari pemerintah setempat. Kita minta masyarakat bisa patuh dan disiplin dalam menjalankan masa new normal nanti, agar dapat memutus lebih cepat mata rantai penyebaran covid-19,” kata Gusmal.

BACA JUGA:  Pasien Positif Covid-19 di Dharmasraya Bertambah 1 Orang

Reporter: Wezi Rismanto

Editor :Melatisan

Facebook Comments

loading...