Wow, Tim TdS Tawarkan Pessel Gelar Tour de Mandeh

103
PAINAN–Setelah sukses menggelar finish etape VIII di alun-alun Kota Painan, Sabtu (9/11) dan start etape IX di kawasan objek wisata Pantai Carocok, Minggu (10/11), Tim Tour de Singkarak (TdS) pusat menawarkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk menggelar event baru yaitu Tour de Mandeh (TdM).
Bupati Hendrajoni mengatakan, tawaran tersebut disampaikan oleh tim TdS melalui Sekda Erizon usai pehelatan TdS di Painan kamarin. Sebab, mereka menilai Pemkab Pessel sangat serius menyelenggarakan finish dan start TdS dari awal hingga akhir.
Selain itu, alasan tim Tds menawarkan event TdM, melihat tingginya antusias masyarakat Pesisir Selatan dari ujung Selatan hingga Utara untuk menyaksikan balap sepeda tingkat Internasional itu, hingga berjalan sukses dan lancar.
“Kami dari pemerintah sebenarnya, oke-oke saja. Namun, hal ini tentu kita koordinasikan dulu dengan pihak terkait lainnya. Prosedurnya seperti apa, berapa anggarannya, dan darimana sumbernya?,” ujar Bupati pada Haluan, Senin (11/11).
Menurutnya, pehelatan TdS tidak jauh berbeda dengan TdM yang nantinya bakal mengambil lintasan Bengkulu ke Pesisir Selatan. Tujuannya juga untuk mempromosikan potensi wisata sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.
“Nah, ini tentu memerlukan anggaran yang sangat besar. Nanti coba kita kaji lebih lanjut,” katanya.
Sebelumnya, Bupati Hendrajoni mengucapkan ribuan terimakasih kepada masyarakat Pesisir Selatan atas dukungannya dalam mensukseskan gelaran event tahunan Tour de Singkarak (TdS) 2019.
“Tahun ini, Pessel mendapat dua kesempatan yakni sebagai lokasi finish etape VIII dan sebagai lokasi star etape IX, kami dari pemerintah daerah mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan penuh dari masyarakat,” ucap Hendrajoni dalam sambutannya pada pembukaan TdS etape IX di Pantai Carocok Painan menuju Pantai Cimpago, Kota Padang, Minggu (10/11).
Pihaknya memastikan lintasan yang dilalui pebalap tidak terganggu dan tetap steril menjelang finish di Kota Padang. Bahkan disepanjang jalan, masyarakat sangat antusias menyaksikan balapan sepada internasional tersebut.
“Hal seperti ini patut kita apresiasi. Semoga kedepan Pessel semakin populer dengan kunjungan wisatawan terbanyak di Indonesia,” katanya.
Ia menyebutkan, TdS 2019 hampir melewati seluruh kecamatan di daerah setempat, kecuali Kecamatan Lunang, Silaut, dan IV Nagari Bayang Utara.
“Jadi, hampir seluruh kecamatan dilewati pebalap TdS. Dan ini adalah untuk pertamakalinya. Sebelumnya hanya IV Jurai, Bayang dan Tarusan. Semoga menjadi awal yang baik untuk mengenalkan keindahan alam Pessel ke kancah dunia,” tuturnya.
Menurutnya, rute yang dilewati pebalap TdS merupakan jalur yang sangat bagus disertai pemandangan indah dan alami. Bahkan, ia meyakini pebalap bakal berdecak kagum ketika melewati kawasan Mandeh.
“Nanti pebalap bakal disuguhi pemandangan alam nan sangat elok, hingga gugusan pulau-pulau kecil yang indah dan asri,” ucapnya.
Bupati menambahkan, di kawasan Mandeh juga terdapat lintasan yang sangat ektrem. Seperti tikungan, tanjakan dan turunan yang bakal menguji kemahiran serta ketangkasan para pebalap.
“Semoga lintasan di kawasan Mandeh menjadi tantangan dan momen tersendiri bagi para pebalap nantinya,” ujarnya.
Sementara, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo menuturkan, guna melancarkan balapan di kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, enam jembatan di kawasan tersebut sebelumnya sudah dipasang kayu multipleks. Pemasangan kayu dimaksud agar kondisi jembatan yang belum rata tidak mengganggu laju sepeda para pebalap.
“Pemasangan dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional III Padang,” katanya.
Diketahui, tahun ini Pesisir Selatan mendapat dua jatah sekaligus sebagai lokasi finish etape VIII dengan jarak tempuh 212,9 kilometer dari Kota Sungai Penuh, Jambi dan lokasi start etape IX menuju Kota Padang dengan jarak sejauh 107,3 kilometer.
Sebelumnya pada etape VIII Pembalap Tim PGN, Jamalidin Novardianto menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 5 jam 4 menit 46 detik.
Reporter: OKIS ROCKIN
Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

BACA JUGA:  Selama Operasi Zebra Singgalang 2019, Satlantas Polres Sijunjung Tebar 775 Surat Tilang
loading...