Beranda Daerah Wow, KPU Kota Solok Luncurkan Buku Hasil Riset Kerjasama Dengan PSH Unand

Wow, KPU Kota Solok Luncurkan Buku Hasil Riset Kerjasama Dengan PSH Unand

KPU Kota Solok
Ketua KPU Kota Solok Asraf Daniel H menyerahkan buku hasil riset kerjasama KPU Kota Solok dengan PSH Unand tentang Pilkada Kota Solok 2020 kepada ketua DPRD Kota Solok Hj. Nurnisma.

Beritanda1–Setelah sukses melaksanakan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok Tahun 2020, KPU Kota Solok meluncurkan sebuah buku terkait peningkatan partisipasi pemilih yang signifikan pada Pilkada 2020 di Kota Beras Serambi Madinah itu.

Peluncuran buku ini dilakukan di sela acara undangan berbuka puasa yang dilaksanakan oleh Ketua DPRD Kota Solok bertempat di Rumah Dinas Ketua DPRD Kota Solok, Sabtu (1 Mey 2021). Peluncuran buku ini praktis mendapat respon positif dari Ketua DPRD Kota Solok beserta tamu undangan yang datang antara lain Ketua LKAAM, KAN, Bundo Kanduang serta organisasi kepemudaan yaitu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Solok.

Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil H yang didampingi oleh anggota KPU Kota Solok menyebutkan, buku berjudul “Menakar Kualitas Partisipasi Politik Pilkada Kota Solok Di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020” ini merupakan hasil kerjasama KPU Kota Solok bersama Pusat Studi Humaniora (PSH) Universitas Andalas Padang.

Asraf menjelaskan, tujuan utama dibuatnya buku ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat, terkait hasil Pemilihan Serentak di Kota Solok yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 walaupun dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

“Dari Kabupaten/Kota yang ada di Sumatere Barat, Kota Solok berada pada peringkat ke-3 yang memiliki tingkat partisipasi tertinggi sebesar 76,78 persen, makanya kami (KPU Kota Solok) bekerja sama dengan Pusat Studi Humaniora Unand menerbitkan buku yang berisi tentang latar belakang tingginya tingkat partisipasi masyarakat Kota Solok dalam pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 walaupun dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.” jelas Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil H.

“Buku ini merupakan hasil kerjasama KPU Kota Solok dengan Pusat Studi Humaniora Unand yang dikoordinir oleh Bang Harry Effendi, dkk. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pusat Studi Humaniora (PSH) Unand Padang yang telah membantu menyusun buku yang sangat bermanfaat bagi kita semua khususnya masyarakat Kota Solok,” kata Anggota KPU Kota Solok Jonnedi menambahkan.

BACA JUGA:  Siswa SMKN 1 Bonjol Ikuti Sosialisasi Pemilu dan Audiensi RPP

Terhadap itu, Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma mengapresiasi terbitnya buku hasil riset yang diluncurkan oleh KPU Kota Solok tersebut. Menurutnya, dari buku tersebut bisa membuktikan bahwa masyarakat Kota Solok sangat peduli terhadap pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Buku ini dapat dijadikan pedoman bagi kita semua khususnya masyarakat Kota Solok bahwasanya masyarakat Kota Solok sangat antusias dalam melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah walaupun dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19. Buku ini dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi kita semua untuk melaksanakan pemilihan selanjutnya secara lebih baik lagi,” ujar Ketua DPRD Kota Solok, Hj. Nurnisma.

Dalam kesempatan ini Komisi Pemilihan Umum Kota Solok menyerahkan secara simbolis buku tersebut kepada Ketua DPRD Kota Solok, Ketua LKAAM Kota Solok, Perwakilan KAN Kota Solok, Perwakilan Bundo Kanduang Kota Solok serta Ketua Organisasi Kepemudaan KNPI Kota Solok.

Reporter: Wahyu Haryadi