Wow..BUMNag Taratak Tampatiah di Pessel Gerakkan Ekonomi Dengan Olahan Durian

BUMNag Nagari Taratak Tampatiah, Kecamatan Batang Kapas

PAINAN—Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) idealnya harus mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat setempat. Bahkan, BUMNag hadir untuk memacu masyarakat nagari menjadi lebih terarah dan berkembang sesuai dengan harapan bersama.

Salah satunya yang dilakukan oleh BUMNag Nagari Taratak Tampatiah, Kecamatan Batang Kapas, yang mampu bergerak pada hasil perkebunan Durian. Bahkan, kelompok masyarakat ini diklaim mampu mengelola hasil kebun tersebut dengan jumlah yang sangat besar kemudian dikemas menjadi produk yang bisa disimpan dalam jangka waktu cukup lama.

“Jadi BUMNag ini bukan pesaing usaha rakyat, tapi mampu menjadi solusi bagi rakyat kedepannya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Pesisir Selatan, Wendi di Painan, Kamis (13/2).

Menurutnya, BUMNag Taratak Tampatiah, patut menjadi percontohan bagi masyarakat nagari di kecamatan lain. Sebab, Pesisir Selatan merupakan daerah penghasil Durian terbanyak di Sumbar.

“Ya, contohnya saja saat panen raya, Durian rakyat di daerah kita ini tiba-tiba saja turun harga lantaran banyak yang panen. Namun, hal ini bisa di stabilkan dengan cara mengolah kembali dengan harga jual yang tinggi,” ujarnya.

Ia mengatakan, pengelola BUMNag dengan metode beku ini patut di apresiasi. Sebab, bisa bertahan dalam hitungan bulan, kemudian bisa dijual pada saat harga komoditas tersebut naik.

Pembinaan dan pendampingan terhadap BUMNag yang ada di sejumlah nagari Pessel, kata Wendi, mesti dilakukan secara intensif dengan harapan agar pengembangan usaha ekonomi masyarakat terus merangkak naik.

“Dengan adanya pembinaan dan pendampingan tersebut, maka BUMNag dapat melaksanakan fungsinya dengan baik serta berupaya mencarikan solusi atas persoalan yang muncul,” tuturnya.

Disamping itu, BUMNag juga didorong mengembangkan usaha ekonomi produktif sesuai potensi yang dimiliki masing-masing nagari. Kemudian melalui pembinaan dan pendampingan, nantinya ada pula BUMNag yang menjadi andalan Pessel untuk diperjuangkan hingga tingkat provinsi dan pusat.

BACA JUGA:  Ternyata PT Dempo Kantongi 10 Izin, Pemkab Pessel Berkomitmen Lindungi Investor

“BUMNag merupakan sebuah usaha masyarakat yang mampu mengelola potensi nagari secara optimal dalam upaya meningkatkan kesejahteraan, serta menciptakan kemandirian nagari. Namun yang terpenting, tetap bersinergi dengan stakeholder terkait,” ucapnya.

Wow..BUMNag Taratak Tampatiah di Pessel Gerakkan Ekonomi Dengan Olahan Durian 1 WhatsApp Image 2020 02 13 at 18.08.12
Terlihat sejumlah masyarakat yang tergabung pada BUMNag Nagari Taratak Tampatiah, Kecamatan Batang Kapas. Mengolah durian hasil kebun setempat dengan jumlah yang sangat besar kemudian dikemas menjadi produk yang bisa disimpan dalam jangka waktu cukup lama.

Ia berharap, kedepan BUMNag di Pessel semakin eksis, dan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat nagari. Selanjutnya, pengurus yang telah terbentuk segera melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku.

“Dalam artian mengembangkan usaha ekonomi sesuai potensi yang tersedia. Jangan ada kepentingan pribadi atau kelompok. Idealnya untuk kepentingan bersama demi kesejahteraan masyarakat nagari,” katanya mengingatkan.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...