Woow, Keren! Madu Galo-Galo Hantarkan Yunike Filmar Sebagai Pemuda Pelopor ke Tingkat Nasional

Yunike Filmar, memperagakan madu Galo galo hasil pengembangan usahanya hingga menjadi utusan Sumbar ke tingkat Nasional

SIJUNJUNG –  Yunike Filmar, namanya. Anak Sijunjung yang selama ini gigih mengembangkan inovasi dan kreativitas dirinya, sampai akhirnya mampu menyedot perhatian banyak kalangan. Dengan merekayasa air liur Galo-Galo menjadi Madu, mengangkat dirinya sebagai pemuda pelopor di Kabupaten Sijunjung.

Galo-galo adalah sebangsa lebah tidak bersengat dan penyantap sari bunga. Hewan penghasil madu ini, cenderung diabaikan padahal memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Tetapi ditangan Pemuda Pelopor dari Kabupaten Sijunjung itu, Yunike Filmar, air liur Galo-Galo direkayasa menjadi komoditi yang cukup berharga.

Kelaluannya, warga Nagari Lalan,  Kecamatan Lubuk Tarok ini terpilih menjadi yang terbaik di ajang pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019. Sosok yang akrab disapa Efil ini, kemudian dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan Pemuda Pelopor Bidang Pangan dengan pengembangan dan pengolahan Madu Galo-Galo. Efil, sekaligus didapuk sebagai duta Sumbar untuk ajang Nasional.

Disebutkan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Kabupaten Sijunjung, Afrineldi,  dari hasil yang ditetapkan oleh tim penilai, Yunike Filmar mewakili Provinsi Sumatera Barat ke ajang pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional.

Keputusan efil sebagai Pemuda Pelopor diperkuat pula melalui hasil rapat di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, bahwa pemenang pemilihan Pemuda Pelopor Bidang Pangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat disabet utusan Kabupaten Sijunjung. Ia sekaligus mewakili Sumbar untuk Tingkat Nasional.

Dikatakan Afrineldi, dalam ajang pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Sijunjung mengirim dua pemuda pelopor, yakni Yunike Filmar, Bidang Pangan dan Riko Rifaldo Bidang Agama, Sosial dan Budaya. Dari dua utusan itu, Riko Rifaldo gagal mendapatkan tiket ke ajang Tingkat Nasional.” Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional dijadwalkan awal September mendatang.” Tamba Afrineldi, Sabtu (27/7).

BACA JUGA:  Lagi, Baznas Sijunjung Salurkan Bantuan Usaha Produktif Bagi 10 Mustahiq

Yunike Filmar, warga Nagari Lalan,  Kecamatan Lubuk Tarok ini mempelopori pengembangan dan pengolahan Madu Galo-Galo, sejak beberapa tahun belakangan. Dari pengembangan itu madu Galo-Galo itu, tidak saja menjadi penghasilan keluarga bagi Yunike Filmar, tapi juga menggerakan ekonomi tetangganya.

Reporter  : S. Husen

Facebook Comments

loading...