Beranda Birokrasi Wawako Solok Buka Musrenbang RKPD Kota Solok Tahun 2022

Wawako Solok Buka Musrenbang RKPD Kota Solok Tahun 2022

Wawako Solok
Wawako Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, SE,MM

Beritanda1—Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Dr.Ramadhani Kirana Putra, SE,MM membuka musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Solok tahun 2022, di gedung Kubung Tigo Baleh, Senin (29 Maret 2021).

Terkait itu, Wawako mengatakan Musrenbang merupakan rangkaian dari kegiatan perencanaan yang telah dimulai dari tingkat RW, tingkat Kelurahan dan di tingkat Kecamatan yang disinkronisasikan dengan perencanaan Perangkat Daerah Kota serta berbagai aspirasi dari masyarakat yang selanjutnya akan menjadi bahan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kota Solok Tahun 2022.

Pelaksanaan musrenbang ini bertujuan mendapatkan masukan untuk menyusun RKPD, sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan yang memerlukan dukungan pendanaan baik yang bersumber dari APBD Kota, APBD Provinsi maupun APBN.

Pelaksanaan musrenbang ini kata dia, menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya.

Perencanaan pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel menjadi tolok ukur akuntabilitas, profesionalisme dan bobot pelayanan publik dewasa ini. Sebab, perencanaan pembangunan yang tidak transparan dan akuntabel akan menimbulkan pencitraan yang “negatif”. terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat.

“Di sinilah hakekat dan arti pentingnya dari Musrenbang“ ucap Wawako.

Dhani menyebutkan dalam pelaksanaan Musrenbang perlu dilakukan penajaman prioritas program dan kegiatan yang akan kita lakukan pada tahun 2022 yang merupakan tahun pertama periode RPJMD Kota Solok 2021-2026, yang pada saat ini juga dalam proses penyusunan.

Pada tahun 2022, kata Wawako proyeksi kemampuan APBD Kota Solok untuk belanja diluar belanja wajib mengikat hanya sebesar 45,2 persen, di luar Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Keuangan Provinsi. Sementara itu, untuk pencapaian target Visi dan Misi RPJMD tersebut, Pemerintah Kota Solok telah menetapkan beberapa kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2022, antara lain:

  1. Pembangunan rumah ibadah;
  2. Pembangunan Ekonomi syariah;
  3. Penataan kawasan pasar;
  4. Lanjutan Pembangunan RSUD Kota Solok;
  5. Lanjutan Pembangunan Gedung Kantor;
  6. Lanjutan pembangunan lapangan olah raga Laing dan Tanah Garam;
  7. Lanjutan Optimasi Jalan Batas Kota Selayo-Bandar Pandung;
  8. Pengembangan objek wisata;
  9. Penataan Taman Kota;
  10. Pendidikan gratis 12 tahun;
  11. Jaminan kesehatan masyarakat
BACA JUGA:  Warning Pejabat Eselon II dan III, Bupati Solok: Segera Pindah ke Solok

Untuk membiayai program diatas tentu saja dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Namun demikian keterbatasan keuangan daerah bukanlah suatu alasan untuk berkinerja rendah. Untuk itu, melalui kesempatan ini Kami tantang masingmasing kepala Perangkat Daerah untuk tetap berinovasi dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan.

“Jangan hanya bertumpu pada pembiayaan APBD karena masih banyak sumber pembiayaan lain yang lebih besar seperti APBD Provinsi, APBN maupun kerjasama dengan dunia usaha” jelas Dhani.

Wawako mengharapkan semua pihak, baik dari legislatif maupun para Kepala Perangkat Daerah, serta seluruh masyarakat dapat memahami kondisi kemampuan keuangan Pemerintah Kota Solok sehingga pada pembahasan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2022 ini dapat merumuskan program dan kegiatan yang sangat prioritas untuk diusulkan dalam APBD 2022.

“Kami harapkan dalam forum Musrenbang ini dapat menghasilkan kesepakatan dan komitmen diantara pelaku pembangunan terhadap usulan program, kegiatan dan anggaran tahunan daerah, sehingga kegiatan pembangunan yang akan datang dapat dilaksanakan secara lebih fokus, dengan target yang jelas, dan dapat direalisasikan dalam bentuk alokasi anggaran pada tahun 2022,”ucapnya.

Lantaran itu, kepada para peserta Musrenbang Wawako Solok ucapkan selamat berdiskusi, semoga dengan kerja keras, dapat membangun daerah melalui mekanisme partisipatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Solok dan mendapat Ridho dari Allah SWT.

“Mari kita jadikan musrenbang RKPD Kota Solok tahun 2022 ini sebagai wadah untuk mewujudkan program-program pembangunan yang lebih baik, tepat sasaran dan berpihak kepada masyarakat miskin, peningkatan kualitas hidup serta kehidupan masyarakat,” kata Wawako.

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Solok Hj. Nurnisma, Ketua komisi I, Nasril In Dt Malinang Sutan,SH, Ketua komisi II Yoserizal,SH dan Ketua Komisi III Harizal. Selain itu juga hadir unsur Forkompimda, Anggota DPRD Sumbar Daswippetra Dt Manjinjiang Alam,M.Si, Kepala Bappeda Sumatera Barat, Sekretaris Daerah Kota Solok,Ketua Kerapatan Adat Lubuk Sikarah, LKAAM Kota Solok, Kepala OPD, Camat, Lurah serta  stakeholder terkait.

BACA JUGA:  Lahan Disediakan Masyarakat, Pasar Rahul Tapan Dibangun 2021

Reporter: Wahyu Haryadi