Beranda Covid-19 Masyarakat Pessel Diajak Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Mandiri

Masyarakat Pessel Diajak Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Mandiri

Petugas kesehatan Pessel disela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan pada kantor pemerintahan setempat
Petugas kesehatan Pessel disela-sela kegiatan penyemprotan disinfektan pada kantor pemerintahan setempat

Beritanda1 – Masyarakat Kabupaten Pesisir  Selatan (Pessel) diajak agar melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri pada rumah masing masing. Ajakan itu disampaikan Dinas Kesehatan setempat, guna mengantisipasi wabah virus Corona atau Covid-19.

“Penyemprotan disinfektan bakal lebih efektif jika dilakukan secara mandiri,” ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pessel, Kadriadi di Painan, Jumat (20/3).

Menurutnya, cairan disinfektan bisa dibuat secara mandiri pula, seperti memanfaatkan bahan pembersih lantai dan pemutih pakaian. Namun, harus sesuai dengan takaran masing-masingnya dua sendok lalu dicampur ke lima liter air.

“Agar tercampur merata, cairan tersebut di aduk lebih kurang satu menit. Lalu disemprotkan ke rumah masing-masing menggunakan semprot tangan atau peralatan sejenisnya,” ujarnya.

Sementara itu,  Bupati Pessel, Hendrajoni, sebelumnya sudah menerbitkan instruksi nomor: 420/518/DPK/Sekretariat.01/2020 pada Kamis 19 Maret 2020 tentang upaya meminimalkan penularan virus Corona di daerah setempat.

Sedikitnya lima poin ditekankan dalam intruksi tersebut, yakni mulai dari mengalihkan kegiatan belajar mengajar ke rumah masing-masing dan tenaga pendidik mesti memberikan tugas kepada siswa.

Selama belajar di rumah, para siswa dilarang beraktifitas di luar rumah ataupun berkumpul di tempat umum dan keramaian.

Kemudian diharapkan kepada orang tua agar mendampingi anaknya selama kegiatan belajar di rumah.

Kepada peserta didik yang kedapatan berada diluar rumah, atau fasilitas umum tanpa didampingi orang tua, bakal ditindak tegas oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat.

Reporter: Okis Rockin

 

BACA JUGA:  Panen Padi Sawah Solok, Nasrul Abit : Jangan Sampai Sawah Solok Terpakai Untuk Areal Pembanguan
Artikel sebelumyaBawa Bantuan, Ketua DRRD Dharmasraya Beri Motivasi Keluarga Kurang Mampu
Artikel berikutnyaPemkab Solok Lakukan Penyemprotan Desinfektan, Sekolah “Dipindah” ke Rumah