Wali Kota Payaumbuh Meradang: Kedapatan OTG Positif Covid Keluar Rumah, Karantinakan!

194
Riza Falepi
Walikota Payakumbuh Riza Falepi

Beritanda1 – Wali Kota Payakumbuh H. Riza Falepi meradang, menyusul adanya informasi OTG (Orang Tanpa Gejala) positif Covid 19 yang masih keluar rumah dan keluyuran kemana-mana.

Menyikapi peristiwa itu, Wali Kota Riza Falepi langsung memerintahkan Kadiskes Bakhrizal bersama Satpol dan aparat penegak hukum, untuk mengkarantinakan OTG positif dimaksud di lokasi yang telah ditetapkan.

“Kita tidak ada lagi main tenggang rasa, percaya jika yang bersangkutan mampu mengisolasi diri di rumahnya masing-masing. Jika OTG dinyatakan positif, tak ada tawar menawar, yang bersangkutan langsung di karantinakan,” tegas Riza Falepi kepada awak media ini, Rabu (6/5) selepas berbuka puasa.

Di Payakumbuh, sebut Riza, ada tiga lokasi karantina yang disiapkan pemko. Masing-masing di SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) di Balai Jariang, Payakumbuh Timur. Kemudian di Asrama Diklat Peternakan di Ibuah serta di Asrama BLK di Seberang Betung, keduanya di Payakumbuh Barat. Ketiga lokasi karantina itu mampu menampung 75 lebih OTG positif Covid-19.

Menurut wali kota, jika ada yang menantang petugas, tak perlu takut. Sebaliknya, angkat saja orang tersebut dan ancam dengan undang-undang karantina.Yang bersangkutan dapat diancam dengan kurungan 1 tahun penjara.

Dikatakan, dampak bertambahnya kasus positif Covid-19, hingga mencapai 11 kasus per 6 Mei ini, karena OTG atau orang tanpa gejala di Payakumbuh kian banyak di kota ini. Saat ini sudah mencapai angka 300 lebih OTG.

BACA JUGA:  Waduh..Truk BBM Pertamina Terbalik, Jalur Sitinjau Lawik Macet Parah

“ Ini sudah berbahaya,” kata Riza.

Atas alas an itu,  terhadap OTG yang sudah diketahui petugas dan yang bersangkutan diperintahkan isolasi mandiri di rumah hingga hasil lab SWAB keluar, jangan sampai keluar rumah juga.

“ Mari kita bersama memutus mata rantai Covid-19 ini,” himbaunya

Reporter: Diko Rahmad

 

Facebook Comments

loading...