Wakili Kab. Solok, MTsN 1 Solok Dinilai Tim Lomba Sekolah Sehat Prov.Sumbar

Rombongan tim penilai lomba sekolah sehat tingkat provinsi Sumbar saat melakukan kunjungan lapangan ke MTsN 1 Solok di Sungai Lasi, Senin (19/8). ZF

AROSUKA—MTsN 1 Solok dinilai tim penilai Sekolah Sehat Tingkat Propinsi sebagai wakil Kabupaten Solok tingkat SLTP tahun 2019. Penilaian itu terkait pengelolaan dan pelayanan UKS yang dilakukan oleh MTsN tertua di Kabupaten Solok ini.

Tim yang dipimpin oleh Drs. Mofri Antoni datang ke MTsN 1 Solok di Sungai Lasi, Senin (19/8). Terdiri dari Dinas Pendidikan Prov. Sumbar, Dinas Kesehatan prov Sumbar, Biro Kesra Pemprov dan Kanwil Kemenag Sumbar. Kedatangan tim penilai ini didampingi oleh Bagian Kesra Setda Kab. Solok H. Edmizal, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar, M.Ag bersama Kasi Penmad Drs. Syamsul Bahri.

Kegiatan penilaian ini diawali dengan ekspos dari Kepala MTsN 1 Solok Drs. H. Marjusan, MM dihadapan tim penilai ini di Arosuka. Dalam ekspos ini Marjusan memaparkan tentang pengelolaan UKS di MTsN 1 Solok yang sejalan dengan pengelolaan lingkungan sebagai pendukung sekolah sehat. Di antaranya kebersihan ruangan, sanitasi lingkungan madrasah dan fasilitas penunjang seperti perpustakaan, mushalla dan bangunan lannya yang juga memenuhi standar UKS.

Selepas ekspos di Arosuka, tim penilai dan pendamping langsung melakukan tinjauan lapangan ke kampus MTsN 1 Solok di Sungai Lasi. Selain melihat fasilitas dalam ruangan UKS, tim juga meninjau fasilitas pendukung dan lingkungan madrasah secara detail. Mulai dari ruang belajar, ruang kantor, perpustakaan, mushalla, drainase hingga sanitasi.

“Sekolah sehat tidak hanya tentang UKS saja, akan tetapi juga didukung oleh kebersihan lingkungan dan partisipasi warga madrasah dalam mewujudkan lingkungan sehat,” ujar ketua tim Mofri Antoni di sela peninjauan.

Mofri juga menyampaikan, sebaiknya setiap ruangan memiliki literasi dan pesan-pesan hidup sehat sebagai upaya pembiasaan dan menyebarkan semangat cinta kebersihan. “Akan lebih indah bila pesan dan himbauan ini disinergikan dengan bahasa dakwah dengan menyertakan dalil-dalil untuk menjaga kebersihan dan kesehatan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Sempat Timbulkan Polemik, Penertiban Bangli di Terminal Alahan Panjang Tuntas

Terkait itu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok Drs. H. Alizar, M.Ag berharap, prestasi MTsN 1 Solok ini mengikuti sukses MTsN 6 Solok yang telah melaju ke tingkat nasional. Agar kedepannya madrasah terus menjadi yang terdepan dalam dunia pendidikan di Kabupaten Solok.

Terpilihnya madrasah sebagai wakil Kabupaten Solok dalam berbagai kesempatan kata Alizar, merupakan salah satu tolok ukur tentang prestasi madrasah yang makin membaik. Seiring dengan itu kepercayaan masyarakat juga tumbuh. Hal ini juga terlihat dari meningkatnya jumlah peminat madrasah setiap tahunnya. “Semoga MTsN 1 Solok mampu menjadi yang terbaik di Sumatera Barat dan melaju ke tingkat nasional mengikuti MAN 1 Solok, MAN 2 Solok dan MTsN 6 Solok,” ujar Alizar.

Reporter:  ZF

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...