Beranda Daerah Wakil UIN Imam Bonjol Sambangi Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Ada Apa?

Wakil UIN Imam Bonjol Sambangi Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Ada Apa?

UIN Imam Bonjol
Kepala kantor Kemenag Kab. Solok Alizar memberikan sambutan dalam kunjungan sosialisasi Wakil Rektor UIN Imam Bonjol Padang ke Kantor kemenag setempat, Senin (8 Maret 2021)

Beritanda1— Wakil Rektor (WR) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang DR. H. Ikhwan, SH, M.Ag bertandang ke Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Senin (8 Maret 2021).

Kehadiran Ikhwan di Kabupaten Solok adalah untuk sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun Akademik 2021/2022 melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) kepada operator madrasah aliyah di daerah itu.

Sosialisasi tersebut digelar di aula Hubbul Wathan Kantor Kemenag setempat yang juga dihadiri oleh kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok  Alizar didampingi Kepala Sub bagian tata usaha Fuadi Nawawi, MA .

Terkait itu, Ikhwan mengatakan bahwa  UIN Imam Bonjol Padang di bawahi Dirjen Pendis Kemenag RI melakukan penerimaan mahasiswa baru mengacu kepada Undang-undang nomor 12 Tahun 2012 tentang perguruan Tinggi.

Kemudian Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, pola penerimaan mahasiswa pada Universitas Islam Negeri (UIN)/Institut Agama Islam (IAIN)/ Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang dilakukan secara nasional.

Atas alasan itu, kata Ikhwan, UIN Imam Bonjol pada 2021 kembali membuka kesempatan bagi para lulusan sekolah menengah tingkat atas (SLTA) khusus dari tamatan Madrasah Aliyah dan Pondok Pesantren untuk bergabung bersama UIN Imam Bonjol Padang untuk program sarjana maupun program Diploma.

“Selain penerimaan mahasiswa baru untuk tamatan Aliyah dan SLTA, UIN Imam Bonjol juga menerima mahasiswa baru untuk Pasca Sarjana Strata dua dan Strata tiga,”ujarnya.

Ikhwan menyebutkan, penerimaan mahasiswa baru di UIN Imam Bonjol Padang dilakukan dengan 3 (tiga) jalur yaitu jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN),

Terdiri dari, Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan seleksi penerimaan mahasiswa baru mandiri. Kemudian  jalur seleksi prestasi keagamaan, olahraga, dan seni, Jalur seleksi penerimaan mahasiswa asing dan jalur penerimaan mahasiswa baru reguler.

BACA JUGA:  Tim Karawai Polres Solok Tangkap Pengedar Materai Tempel di Lembang Jaya

Menyemangati itu, kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok mengatakan, UIN Imam Bonjol merupakan salah satu perguruan tinggi Islam yang menciptiakan generasi berilmu pengetahuan umum dan pengetahuan agama.

“Itulah istimewanya UIN ini, lulusannya memiliki ilmu pengetahuan umum sekaligus ilmu pengetahuan agama,” ujar Alizar.

“Kepada para operator madrsah Aliyah, saya berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, agar nantinya dapat menfasilitasi siswa untuk mendaftar ke UIN Imam Bonjol melalui jalur SPAN-PTKIN,” ucapnya.

Redaksi

Artikel sebelumyaKasus Covid-19 di Kabupaten Solok 874 Orang, Sembuh 822 Orang, Ini Rinciannya
Artikel berikutnyaJalani Vaksinasi Tahap 2, Adi Gunawan: Vaksin Aman Untuk Tubuh