Waduh, Buaya Muncul di Lokasi Wisata Pantai Carocok Painan

Sejumlah warga dan pengendara yang melintas menyaksikan kemunculan Buaya di Batu Tembak, Nagari Painan Selatan. OKIS ROCKIN

PAINAN—Kemunculan buaya di sekitar perairan objek wisata Pantai Carocok Painan dan Pulau Cingkuak, Kecamatan IV Jurai pesisir selatan mulai membuat warga resah. Bahkan, sejak kemunculan reptile itu ke permukaan sejak, Sabtu (17/8) kemarin, hanya beberapa saja pengunjung yang berani menikmati wahana air di lokasi tersebut.

Menyikapi persoalan itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, bakal menyurati Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sebelum buaya tersebut mengancam keselamatan warga di lokasi wisata tersebut.

“Kemarin pihak kami sudah menghubungi salah satu petugas BKSDA Sumbar melalui sambungan telepon. Dalam waktu dekat ini bakal kami surati,” kata Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel, Yohendro Nasti di Painan, Selasa (20/8).

Ia menyebutkan, berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, Buaya tersebut memiliki panjang sekitar lima meter. Hingga kini kata dia, keberadaannya kerap muncul kepermukaan dan meresahkan warga setempat. Menyikapi itu, pihaknya telah memperingatkan setiap pengunjung yang datang agar tak terjadi hal yang tak diinginkan. “Sejauh ini belum ada terjadi korban. Namun, kami tetap mengingatkan agar pengunjung atau masyarakat sekitar tetap waspada,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berharap agar tim BKSDA segera turun tangan untuk menangkap Buaya tersebut, sehingga wisatawan yang datang ke Negeri Sejuta Pesona merasa nyaman dan lebih leluasa menikmati objek wisata yang ada disekitar.

“Selain KWBT Mandeh, pantai Carocok merupakan objek wisata bahari andalan daerah kita. Di sekitar lokasi wisatawan bisa menikmati karang-karang laut yang indah, ikan kecil dan pasir yang putih, selain itu juga bisa menjajal berbagai wahana seperti banana boat, speed boat dan sebagainya,” ucap dia.

Sebelumnya, sejumlah pengunjung di sekitaran Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, dikejutkan dengan penampakan Buaya di kawasan wisata daerah itu.  Bahkan, warga menduga hewan Reptil ini sudah menampakan wujudnya sejak sepekan terakhir. Buaya ini pertamakali muncul di perairan Batu Tembak, Nagari Painan Selatan.

BACA JUGA:  Pasien Positif Covid-19 di Dharmasraya Bertambah 1 Orang

“Kami tidak tahu dari mana asalnya. Buaya ini muncul secara tiba-tiba saja,” ujar Kepala Kampung Muaro Painan Selatan, Itridal Fino menjawab wartawan.

Menurutnya, hewan predator ini terlihat memiliki panjang sekitar lima meter, dan kerap mengapungkan diri di permukaan air yang berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. “Sejak Idul Adha kemarin. Sampai sekarang masih kerap muncul kepermukaan laut. Kami khawatir nanti memakan korban,” katanya lagi.

Sejauh ini, dia bersama warga lainnya sudah mewanti-wanti pengunjung agar tidak beraktivitas di sekitaran perairan laut tersebut. “Kondisi ini sudah kami laporkan ke BPBD Pessel. Semoga ada tindakan cepat dari dinas terkait,” ucapnya.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...