Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma Apresiasi Kebersamaan Warga Sapta Marga II Tanjung Bonai

Zuldafri Darma
Wakil Bupati Tanah Datar saat mengelar goro bersama warga Jorong Perwakilan Sapta Marga II Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara

Beritanda1 – Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat Jorong Perwakilan Sapta Marga II Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungannya.

 

Rasa takjub dan bangga itu diungkapkan Zuldafri saat menggelar gotong royong bersama seratusan warga setempat, Jum’at 03 Juli 2020. Bersama Camat Lintau Buo Utara ZulkIfli Idris, Kapolsek Lintau Buo Utara Ipda, Plh. Danramil 04 Lintau Buo Pelda Endrik Gaba dan puluhan mahasiswa KKN Unand dan UNP Padang, Wabup Zuldafri terlihat antusias berbaur dengan masyarakat.

“Semangat gotong royong perlu dipertahankan. Dengan gotong royong akan tumbuh kebersamaan dan saling sapa. Gotong royong bisa menjadi perekat dan pemersatu, sehingga setiap pekerjaan terasa lebih ringan,” ucap Zuldafri.

Adapun sasarannya membersihkan rumput dan tanaman liar sepanjang bahu jalan menuju objek wisata Rajo Sago Tanjung Modang, sementara sebelumnya goro di masjid. Zuldafri juga menyampaikan rasa kagumnya dengan keindahan alam dan potensi yang dimiliki Sapta Marga II.

“Melihat kondisi alamnya, tanahnya subur, iklimnya sejuk, daerah ini menyimpan potensi besar untuk berkembang lebih maju. Jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat sekitar, butuh terobosan-terobosan baru juga” beber Wabup Zuldafri.

Menurut Zuldafri, Jorong Perwakilan Sapta Marga II yang berada di ketinggian ini pembangunannya bisa disandingkan antara pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan dengan sektor pariwisata.

Hal ini juga sejalan dengan 4 prioritas pembangunan Tanah Datar, dua di antara pengembangan sektor pertanian dan pariwisata.

“Potensi ada, di satu sisi semangat gotong royong dan kebersamaan sudah terjalin dengan baik sementara sisi lain terbatasnya kemampuan keuangan daerah, tentu akan menjadi lebih mudah (dicarikan solusinya). Dengan semangat gotong royong akan timbul terobosan-terobosan baru,”ujar Zuldafri.

BACA JUGA:  Polsek Lembah Gumanti Merevitalisasi Pos Polisi Alahan Panjang, Kapolres Solok Meresmikan

Sebelumnya Wali Jorong Perwakilan Sapta Marga II Sukarmin menjelaskan wilayahnya merupakan bagian dari Jorong Tanjung Modang dan berharap bisa menjadi jorong definitif di Tanah Datar.

“Sesuai dengan kondisi alam, warga Sapta Marga II yang berjumlah 65 KK atau 300 jiwa ini mayoritas merupakan petani dan peternak dan memasarkan hasil pertanian untuk wilayah Lintau dan 50 Kota,” ungkapnya.

wabup Zuldafri Darma
Wakil Bupati Tanah Datar terlihat antusias goro bersama warga Jorong Perwakilan Sapta Marga II Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara

Sukarmin menyebutkan, penamaan wilayahnya Sapta Marga II sesuai dengan program TNI Angkatan Darat saat pembukaan wilayah untuk personil Angkatan Darat pada tahun 1977 silam.

“Kepala Staf Angkatan Darat waktu itu yang langsung memberikan nama Sapta Marga di bawah binaan Kodam 17 Agustus, di mana Sapta Marga I berada di Pesisir Selatan, Sapta Marga II di Tanah Datar dan Sapta Marga III di Pasaman,” terangnya.

Untuk Sapta Marga II ini urai Sukarmin, terdiri dari 16 kapling masing-masing kapling 1,5 hektar. Namun sejak tahun 1993, pembinaannya pindah dari Kodim 50 Kota ke Kodim 0307 Tanah Datar pada tahun 1993.

“Pemindahan wilayah ke Kodim 0307 Tanah Datar terjadi pada tahun 1993 ditandai dengan kegiatan bakti ABRI dan pemda berupa pembangunan jalan desa dan jalan Pauh Tinggi,” terangnya.

Sukarmin berharap usaha masyarakat di sektor pertanian dan peternakan semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan.

Reporter: Wahyu Haryadi

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...