Wabup Tanah Datar Antusias Goro bersama Masyarakat Pato Lintau Buo

261
Wabup Tanah Datar
Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma terlihat antusias mengikuti gorong royong bersama masyarakat jorong Pato Nagari Batu Bulek Lintau Buo Utara, Kamis (21/05)

Beritanda1 –Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma bersama masyarakat Jorong Pato Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar, melaksanakan gotong royong pengecoran jalan lingkung Kapalo Lakuak di nagari itu, Kamis (21/05).

 

Selain Wakil Bupati Zuldafri Darma, turut hadir Camat Lintau Buo Utara, Zulkifli, Kepala Jorong Pato Don Doni, Ketua Pemuda Pato Arif Rahman Hakim, Tokoh masyarakat serta para pemuda dan warga setempat.

Atas kegiatan itu, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma yang antusias mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan aspresiasi kepada masyarakat jorong pato yang telah bahu membahu untuk melakukan perbaikan jalan lingkung kapalo lakuak secara swadaya.

Wakil Bupati Tanah datar
Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma diiringi masyarakat menuju lokasi gorong royong di jorong Pato Nagari Batu Bulek Lintau Buo Utara, Kamis (21/05)

Kegiatan pengecoran jalan ini dimaksudkan untuk memberi rasa aman pada masyarakat. Sehingga  apabila musim hujan tidak licin dan terhindar dari bahaya kecelakaan. Pengecoran ini sangat diperlukan masyarakat, karena dengan dibangunnya jalan tersebut akan mempermudah akses masyarakat dalam beraktifitas setiap harinya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah bergotong royong ini. Kami berharap kegiatan seperti ini agar terus ditingkatkan, mari kita terus bersama dalam membangun kedepan,” kata Wabup.

Ketua Pemuda Pato,Arif Raman Hakim menyampaikan tujuan gotong royong pengecoran jalan lingkungan Kapalo Lakuak merupakan jalan akses menuju ke kebun warga, supaya akses jalan masyarakat dapat dilalui kendaraan untuk mengangkut hasil kebun.

Dalam waktu yang cukup singkat piahknya dapat mengumpulkan bantuan dari berbagai donatur berupa bahan material dan berupa uang. Selain itu Kas pemuda masih tersisa sebanyak satu juta rupiah yang memang diperuntukkan untuk perbaikan jalan kapalo lakuak tersebut. “Kami atas nama pemuda Pato mengucapkan ribuan terima kasih kepada para donatur yang yang telah membantu proses pengecoran jalan.” ujar Hakim.

BACA JUGA:  Banjir Mulai Surut, Akses Jalan Alahan Panjang-Talang Babungo Sudah Mulai Dibuka

Searah dengan itu, Kepala Jorong Pato Don Doni menjelaskan jalan lingkung kapalo lakuak tersebut sudah lama mengalami kerusakan yang cukup parah dengan kondisi penuh dengan lobang sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

“Warga kita yang terdapat di kapalo lakuak tersebut mencapai 120 KK. Selain itu di kapalo lakuak terdapat satu buah kilang gula tebu milik kelompok tani. Perbaikan jalan ini diharapkan memperlancar akses ekonomi masyarakat,” kata Don Doni.

Ia menyebutkan, perbaikan jalan tersebut sebelumnya untuk tahun 2020 ini sudah dianggarkan melalui dana Pokir anggota DPRD Kabupaten Tanah Datar dari Dapil Lintau Buo Utara. Namun dikarenakan meningkatnya wabah covid-19, terjadi pergeseran terhadap anggaran tersebut untuk kebutuhan penanganan atau pencegahan covid-19.

Melalui upaya bersama, akhirnya dapat dikumpulkan swadaya murni berupa sumbangan donatur dan unsur lain yang tidak mengikat membiayai pengecoran jalan kapalo lakuak tersebut. Pengerjaan pengecoran dilaksanakan secara gotong royong bersama dengan panjang sekitar 1,2 kilometer.

“Kami atas nama warga jorong Pato mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Tanah Datar yang telah menyempatkan hadir sambil mengantarkan 40 Zak semen untuk masyarakat Pato.Mudah-mudahan dengan kebersamaan pekerjaan pengecoran jalan sepanjang akan cepat tuntas,” katanya.

Reporter: Wahyu Haryadi

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...