Beranda Daerah Wabup Sijunjung Ikuti Panen Raya di Keltan Famili Saiyo

Wabup Sijunjung Ikuti Panen Raya di Keltan Famili Saiyo

sijunjung
Wakil Bupati Sijunjung Bersama Dandim, Kapolres dan OPD lainnya melakukan panen raya di lahan keltan Famili Saiyo

Beritanda1 –  Semangat masyarakat Sijunjung melakukan aktivitas pertanian tak pernah kendor dimasa pandemic Covid-19. Bersama Wakil Bupati  Iradatillah, warga  melakukan panen padi varietas Lampai Sirandah, di lahan Kelompok Tani Famili Saiyo Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Kecamatan Sumpur Kudus.

Selain panen secara manual, orang nomor dua di Sijunjung ini bersama Dandim 0310 SSD, Kapolres, Kadis Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar, Kadis Pertanian setempat, Ir.Ronaldi, OPD terkait, Camat Sumpur Kudus dan sekretaris nagari Tanjung Bonai Aur. juga melakukan panen menggunakan mesin panen padi (combine), Rabu (30 Juni 2021).

Panen raya yang dilakukan warga Sijunjung dengan menggunakan mesin perontok,  dipandu operator kegiatan melalui program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP).

Menurut Wakil Bupati Iradatillah, program IPDMIP ini wujud komitmen bersama dengan melibatkan beberapa Kementrian di pusat dan beberapa OPD di daerah bertujuan untuk mendorong peningkatan produktivitas padi.

”Kegiatan IPDMIP di Sumatera Barat dilaksanakan 5 kabupaten, termasuk  Kabupaten Sijunjung sebagai salah satu pelaksana program IPDMIP,” ujar Iradatillah,

Program pemerintah selain memberikan perhatian di sektor pertanian,  sambung Wabup yang akrab dipanggil Radi ini, juga membenahi dan membangun sarana dan prasana pertanian.

Untuk tahun ini, kata dia, kegiatan dipusatkan di Tanjung Bonai Aur Selatan dan juga membangun jalan produksi dengan dana  Rp 168 juta serta pembautan dua unit dam parit dengan total dana Rp 240 juta.

Kepala Dinas Perkebunanan Tanaman Pangan dan Holtikultura di wakili Kepala UPTD BPPP, Rizki Hidayat mengatakan, Pemrov Sumbar menaruh perhatian yang besar di sektor pertanian. Untuk Kabupaten Sijunjung tahun 2021  telah didistribusikan benih berlabel sebanyak 23 ton.

BACA JUGA:  Percepat Pembangunan di Sumbar, Buya Mahyeldi Sambangi Tiga Kementerian, Ini yang Dibicarakan

Sementara Ketua Poktan Famili Saiyo  mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinas Pertanian Sijunjung yang telah memberikan materi dan pendampingan melalui kegiatan Sekolah lapang (SL) Melalui SL mereka diajarkan pola tanam jajar legowo, termasuk mengusir hama menggunakan peritisida organik.

” Hasil ubinan padi varietas  Lampai Sirandah di lahan Keltan Famili Saiyo 6 ton per hektar.” timpal Koordinator BPP Sumpur Kudus, Yusuf.

Reporter: S. Husen

Artikel sebelumyaHarganas ke-28 Sumbar, Kota Solok Borong Sejumlah Hadiah
Artikel berikutnyaMutasi, Kabag Umum DPRD Kab Solok Zaldi Nofra Digantikan Nofirzal