Wabup Dharmasraya Amrizal Dt. Rajo Medan : Silek Tuo Pingian Perlu Terus Dipertahankan

DHARMASRAYA – Semarak
kegiatan Ziarah Amanah Silek Pingian Rantau Batanghari ke 119 berlangsung dihadapan Wakil bupati setempat H. Amrizal Dt Rajo Medan, Rabu (28/8), di Laman Tuo, Nagari Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya.

Kegiatan seni beladiri tradisional yang rutin diselenggarakan para guru besar laman tuo itu, lebih merupakan ajang silaturrahim antara para guru dan murid, serta sesama perguruan silat dari berbagai daerah seiliran Batanghari.

Perkembangan Silek Pingian begitu pesat. Memiliki murid puluhan ribu dari berbagai penjuru daerah, baik dari Sumatera Barat, Jambi serta Riau. Semuanya berkumpul dalam acara silaturahmi bersama, sekaligus berziarah kemakan maha guru besar silek Pangian yang berada di Sungai Dareh, bersebelahan langsung dengan Laman Tuo.

Amrizal Dt Rajo Medan pada kesempatan memberikan apresiasi atas kegiatan silaturahmi yang digelar saban tahun oleh persatuan Silek Pingian. Adapun Silek Pingian merupakan salah satu Silek Tuo di Minangkabau, bahkan sudah terkenal dan menyebar disetiap daerah. “Silek Tuo ini, perlu terus dipertahankan dan dilestarikan,” ujar Wabup, yang juga merupakan murid Silek Pingian tersebut.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya sangat mendukung kegiatan ini. Apalagi mampu mengembangkan serta melestarikan nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai salah satu sektor pariwisata di Kabupaten Dharmasraya.

Menurutnya, budaya dan sejarah akan menjadi prioritas dalam pengembangan wisata di Kabupaten Dharmasraya. ” Untuk itu seluruh potensi yang ada harus mampu kita gali dan lestarikan, salah satunya Silek Pingian Rantau Batanghari ini,” ujar Wabup.

Wabup juga berharap, acara ini dapat dikemas menjadi suatu destinasi wisata budaya yang dapat menarik wisatawan. Sehingga, selain untuk mengembangkan dan melestarikan keberadaan Silek Pingian, acara ini juga dapat menjadi salah satu sektor pemasukan daerah untuk mengangkat perekonomian masyarakat,” tandasnya.

BACA JUGA:  Bupati Solok Gusmal Penuhi Janji, Bonus Porprov XV Rp. 5,1 Miliyar Dicairkan

Reporter : S Hanif
Editor      : Melatisan

Facebook Comments

loading...