Usai Dilantik, PWI Pessel Sukses Helat UKW Perdana

PAINAN–Seiring dengan semangat yang tabuh dalam pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kab. Pesisir Selatan, pelaksanaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) ke XIII di gedung Painan Convetion Center (PCC) pun berjalan sukses. UKW tersebut resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Erizon.
Ketua Tim Penguji Wawan Djuwarna menyampaikan, Sebanyak 18 wartawan yang mengikuti UKW jenjang Muda di Pesisir Selatan, 2 diantaranya dinyatakan belum berkompeten. “Ya, bukan tidak lulus, tapi belum berkompeten,” ujarnya saat penutupan UKW di Painan.
Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat, Heranof Firdaus dalam sambutannya menyampaikan peserta UKW yang belum kompeten bukan bearti kiamat.
“Bagi yang belum berkompeten jangan patah semangat, ya. Wartawan senior dan para Pemred sebelumnya juga banyak yang belum berkompeten dan mereka tidak patah semangat,” katanya.
Terkait itu, Sekda Pessel Erizon, menuturkan ucapan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang terlibat. Ia menyebutkan seluruh panitia pelaksana dan PWI Sumbar telah sukses menggelar UKW yang pertama kali di helat di Kabupaten Pesisir Selatan.
“Wartawan adalah aset daerah yang memiliki peran penting terhadap kemajuan daerah. Selamat bagi yang sudah berkompeten, bagi yang belum kompeten teruslah berjuang. Jadilah wartawan yang profesional,” ucapnya.
Sebelumnya pada pembukaan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) ke XIII di gedung Painan Convetion Center (PCC), Bupati Hendrajoni berharap agar wartawan yang bertugas di Pesisir Selatan selalu konsisten. Jangan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang bakal merusak citra diri dan perusahaan pers tempat ia bekerja.
“Wartawan yang baik itu harus konsisten. Katakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Wartawan harus profesional dan berani menyuarakan kebajikan,” ujarnya pada pembukaan UKW sekaligus pengukuhan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pesisir Selatan periode 2019-2022 di Gedung Painan Convention Center (PCC), Senin (26/8).
Bupati menyebutkan, tugas wartawan itu sangat mulia. Segala program pemerintah tidak akan berarti jika tidak di ekpose oleh wartawan.
“Banggalah menjadi wartawan. Tapi jangan salah jalan. Jangan mudah terpengaruh kepentingan oknum yang ingin memanfaatkan media,” tutur dia.
Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni juga menceritakan kemajuan daerah yang berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu selama ia menjabat. Bahkan, keindahan gugusan pulau-pulau di Kawasan Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, tak luput dipaparkannya ke tamu undangan yang hadir saat itu.
“Selamat datang, pak. Mandeh adalah kawasan terbaik yang ada di Pesisir Selatan. Bahkan, sudah masuk skala nasional,” katanya.
Diketahui, Pengurus PWI Pesisir Selatan yang dilantik saat itu adalah, M.Joni dari Haluan menjabat sebagai Ketua PWI Pessel periode 2019-2020, berikut Roby Oktora Romanza sebagai sekretaris dari Padang TV, dari Padang Ekpres Elfi Mahyuni menjabat sebagai bendahara. Hadir pada kesempatan itu, Sekda Erizon, Kadis Kominfo Junaidi, Kabag Hukum Sabrul Bayang, Kabag Humas dan Protokoler Rinaldi, dan sejumlah OPD lainnya.
Reporter: OKIS ROCKIN
Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

BACA JUGA:  Bertambah 2 Orang, Pasien Covid-19 di Sumbar yang Sembuh 13 Orang
loading...