Usai Dilantik, DPRD Pessel Fokus Bentuk Fraksi dan AKD

45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan terpilih periode 2019-2024 foto bersama dengan Forkompinda usai melaksanakan sumpah jabatan di Gedung Painan Convetion Center (PCC).

PAINAN–Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan terpilih periode 2019-2024 kini resmi menjabat. Keabsahan tersebut, ditandai dengan Pengambilan Sumpah dan Janji Jabatan pada Rapat Paripurna DPRD setempat di gedung Painan Convention Center (PCC), Rabu (14/8).

Untuk efektifitas dan efisiensi waktu yang terus berjalan, Dewan yang baru saja diambil sumpah dan janjinya tersebut akan memfokuskan kerja dewan dengan agenda pembentukan fraksi dan alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya.”Sekarang kami fokus membentuk fraksi dulu. Besok, baru mulai rapat internal,” kata Ketua sementara DPRD, Ermizen pada wartawan usai acara pengambilan sumpah di Painan.

Sumpah dan Janji Jabatan anggota DPRD Pessel, dilakukan di depan Ketua Pengadilan Negeri Painan (PN), Fauzi Isra. Kegiatan saat itu, turut dihadiri Bupati Hendrajoni dan Wakil Bupati Rusma Yul Anwar. Komandan Distrik Militer (Dandim) 0311 Pesisir Selatan, Letkol. Kav. Edwin Dwi Guspana, M. Tr (Han). Waka Polres Pesisir Selatan, Kompol. Taufik Isra. Perwakilan Komandan Lantamal II Padang. Sekretaris Daerah Erizon. Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Zein Painan, dr. Sutarman.

Pembentukkan fraksi, lanjut Ermizen, guna menyelaraskan serta mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi kinerja dewan baru, sehingga satu tujuan untuk mendukung program pemerintah daerah. “Setelah itu baru kami fokus pada program kerja yang nantinya bakal disesuaikan pula dengan tugas pokok dan fungsi legislatif,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Sementara, Ketua DPRD periode 2014-2019, Dedi Rahmanto Putra, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, terutama masyarakat yang turut menciptakan suasana kondusif dan demokratis di daerah itu.  Setidaknya, menurut dia, 45 anggota dewan periode sebelumnya telah menjalankan tugas dengan baik. Sebab, sudah mampu menyinergikan fungsi legislatif bersama pemerintah daerah demi kepentingan rakyat.

BACA JUGA:  Kontak Dengan Pasien Covid-19, 35 Warga Puluik-Puluik Pessel Diswab

“Sesuai fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran, kami sudah berupaya membawa Pessel maju. Kedepan, ini mesti dilanjutkan secara maksimal, sesuai potensi yang ada,” ujar dia.

Pada kesempatan itu, Gubernur Irwan Prayitno berharap wakil rakyat yang baru diambil sumpah dan janji jabatannya dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Selain itu, mampu bekerjasama dengan pemerintah daerah. Sinergi yang baik antara eksekutif dan legislatif, kata dia, akan memberikan dampak positif yang sangat besar bagi kemajuan daerah.

“Harus saling bahu membahu, saling mengingatkan. Sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik,” tutur Bupati Hendrajoni saat membacakan pidato Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Sebelumnya, sebanyak 45 anggota DPRD yang disumpah itu terdiri dari 23 partai politik peserta Pemilu antara lain Partai Amanat Nasional (PAN) lima Kursi. Partai Gerindra lima kursi, Partai Nasdem lima kursi. Partai Demokrat sebanyak lima kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lima kursi. Partai Golkar empat kursi.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) empat kuri. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tiga kursi. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tiga kursi. Partai Hanura dua kursi, Partai Bulan Bintang (PBB) dua kursi. Partai Berkarya satu kirsi dan Perindo satu kursi.

Reporter: OKIS ROCKIN

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

loading...