Beranda Kesehatan Ups, 3 Makanan ini Sering Disantap Saat Sarapan, Tapi Malah Bikin Tak...

Ups, 3 Makanan ini Sering Disantap Saat Sarapan, Tapi Malah Bikin Tak Bertenaga

Sarapan
sarapan pagi/ilustrasi

Beritanda1–Sarapan kerap dianggap sebagai waktu paling penting untuk memberikan tubuh asupan nutrisi agar tubuh terjaga staminanya sepanjang hari. Namun, ternyata hal tersebut merupakan mitos. Sebab, sejumlah orang masih bisa menjaga staminanya meski tidak sarapan.

Ternyata, tidak mengonsumsi apapun saat sarapan justru dianggap lebih baik daripada sarapan dengan makanan yang tidak sehat. Contoh kandungan nutrisi yang dibutuhkan pada saat sarapan agar tubuh kuat sepanjang hari adalah serat, protein, serta lemak sehat yang bisa membuat perut merasa kenyang.

Di sisi lain, sarapan dengan makanan yang tidak sehat justru dapat membuatmu merasa lemas, menaikkan berat badan, serta meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Dikutip dari laman Healthline, berikut 3 makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi di pagi hari.

  1. Sereal

Banyak orang yang berpikir bahwa sereal merupakan pilihan sarapan bernutrisi untuk anak-anak hingga orang dewasa. Pasalnya, sereal kerap dibungkus dengan berbagai klaim kesehatan, seperti terdapat label yang menyatakan bahwa sereal mengandung vitamin A dan zat besi.

Padahal, sebuah studi menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi sereal yang dianggap dapat meningkatkan fungsi sistem imunitas tubuh justru berakhir sakit sama seperti anak-anak yang tidak mengonsumsi apapun di pagi hari. Faktanya, sereal mengandung lebih banyak gula yang justru dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kondisi kesehatan lainnya.

  1. Jus buah

Jus buah ternyata dianggap sebagai salah satu menu sarapan paling buruk, lho. Apa lagi, bagi kamu yang ingin merasa kenyang seharian, menurunkan berat badan, dan menghindari penyakit kronis. Sebab, sejumlah jus buah yang dijual di pasaran mengandung lebih banyak gula daripada sari buahnya.

Mengonsumsi jus buah di pagi hari dapat meningkatkan tekanan darah lantaran jus buah tidak mengandung lemak atau serat yang dapat memperlambat penyerapan dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan turunnya insulin dan gula darah, sehingga kamu justru menjadi merasa mudah lelah dan lapar.

  1. Roti dengan margarin
BACA JUGA:  Waduh, 22 Orang Tahanan Polres Pariaman Positif Covid-19

Roti yang diolesi dengan margarin merupakan menu yang paling sering dikonsumsi di pagi hari karena tidak mengandung banyak lemak dan gula. Namun, ternyata menu ini dianggap menu sarapan yang tidak sehat, lho. Pasalnya, roti mengandung tepung yang memiliki kadar nutrisi serta serat yang rendah, sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.

Gula darah yang menurun dapat menyebabkan kamu menjadi mudah lapar dan bisa menyebabkan naiknya berat badan. Selain itu, margarin mengandung lemak jenuh yang tidak sehat. Meski belum ada studi yang menunjukkan bahaya lemak jenuh, namun hal tersebut dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko penyakit.

detikcom

Artikel sebelumyaPelaku Curanmor di Pasaman Barat Ditangkap Polisi
Artikel berikutnyaTernyata ini 16 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan