Update Data Covid 19 Sumbar: Bertambah 10 Kasus, Jumlah Positif Menjadi 182 Orang

covid-19 Sumbar
Jubir Covid-19 Sumbar Jasman Rizal

Beritanda1 Jumlah warga Sumbar  positif terinfeksi Covid 19 meningkat menjadi 182 orang, menyusul terjadi pertambahan sebanyak 10 orang, 7 diantaranya berasal dari kabupaten Dharmasraya.

Jasman Rizal, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan,  hasil laboratorium fakultas kedokteran Unand yang dipimpin oleh Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, selain dari Kabupaten Dharmasraya tersebut,  dari Kota Padang, Kepulauan Mentawai dan Kota Padang Panjang juga terjadi penambahan pasien positif Covid 19 masing-masing  satu orang lagi.

Dikatakan, semua warga Dharmasraya yang terinfeksi tersebut,  terpapar covid-19 saat mengikuti kegiatan di Gowa Sulawesi Selatan. Pasien berasal dari Koto Baru 3 orang, Alahan Nan Tigo 2 orang dan Pulau Punjung 2 orang.

“ Semuanya sekarang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,”  ucap Jasman Rizal.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Sumbar itu juga melaporkan, tambahan 1 orang dari Kota Padang adalah wanita (33 tahun) warga Alai Parak Kopi yang bekerja sebagai cleaning service (CS). Dia terinfeksi karena kontak dengan salah seorang rekan kerjanya sesama CS yang telah dinyatakan positif sebelumnya. Sekarang isolaai mandiri di rumahnya.

Kemudian seorang pelajar remaja, wanita (19 tahun) asal Desa Goiso Oinan Kab Kepulauan Mentawai, terinfeksi dari temannya yang saat ini lagi di rawat di RSUD Mentawai. Sekarang isolasi mandiri di rumahnya.

Selanjutnya  tambahan positif  berasal dari Kota Padang Panjang. Seorang tenaga kesehatan, wanita (44 tahun), terinfeksi dari pasien yang sebelumnya tidak menunjukkan gejala terinfeksi covid-19. Sekarang dirawat intensif di RSUD Padang Panjang.

Dengan demikian, total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini Minggu (2 Mei 2020) adalah 182 orang, dengan rincian 72 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 38 orang, Bapelkes 16 orang dan di BPSDM 11 orang, meninggal dunia 15 orang dan sembuh 30 orang.

BACA JUGA:  Gubernur Sumbar Bertegas-Tegas, Kapal Dilarang Membawa Penumpang Ke Mentawai

Jasman lantas merincikan perkembangan Covid-19 di Sumbar, yang datanya dihimpun dari berbagai rumah sakit dan gugus tugas kabupaten kota se Sumatera Barat, Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.269 orang, Proses pemantauan 387 orang, Selesai Pemantauan 7.882 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 433 orang.

“ Dari 433 PDP tersebut, 62 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Sedangkan dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 361 orang dan isolasi diri di rumah 10 orang,” papar Jasman.

Disisi lain, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar juga menyampaikan tentang 3  orang dari Kota Payakumbuh dinyatakan positif terinfeksi, Jumat (1/5) kemarin.  Setelah dilakukan kajian dan koordinasi, jelas dia, ternyata salah satu yang terkonfirmasi  positif tersebut adalah warga Padang Tarok Baso Kabupaten Agam. Pasien seorang pria (60 tahun), berprofesi sebagai tukang ojek.

Memang KTP nya di Payakumbuh, tetapi dia mukim dengan 2  orang anaknya di Padang Tarok tersebut. Anaknya juga akan dilakukan test swab.

“ Dengan demikian, Kota Payakumbuh hanya terjadi penambahan 2 orang dan Kabupaten Agam 1 orang,” jelas Jasman Rizal.

Reporter: Rudi Cader

Editor    : Melatisan

 

 

 

Facebook Comments

loading...