Beranda Nasional Tokoh Literasi Nasional Firdaus Oemar Meninggal Dunia

Tokoh Literasi Nasional Firdaus Oemar Meninggal Dunia

Firdaus Oemar
Salah seorang putra terbaik daerah itu H.Firdaus Oemar Dt. Marajo dipanggil sang khalik, Kamis (18 November 2021).

Beritanda1-Warga Solok kembali berduka. Salah seorang putra terbaik daerah itu H. Firdaus Oemar Dt. Marajo dipanggil sang khalik, Kamis (18 November 2021).

Almarhum Firdaus Oemar saat ini merupakan ketua umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Solok Saiyo Sakato (S3), sebuah organisasi paguyuban warga yang berasal dari Kabupaten Solok, Kota Solok dan Solok Selatan.

Informasi meninggalnya Firdaus Oemar, tokoh perantau asal nagari Kacang Kecamatan X Koto Singkarak ini beredar di WAG DPP S3.

“Almarhum meninggal sekitar pukul 15.00 dalam usia 84 tahun di RPAD Gatot Subroto Jakarta,” tulis sekjend DPP S3 Eddie Moeras,SH.MH.

Sebelumnya, Almarhum sempat kritis beberapa hari yang lalu saat menjalani perawatan di rumah sakit. Almarhum meninggalkan seorang Istri, 4 orang anak dan 7 cucu.

“Atas nama keluarga besar S3 kami menyampaikan duka mendalam, In syaa Allah Almarhum dalam Husnul Khotimah, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya, jika ada kesalahan beliau dan mendapat tempat terbaik disisi Allah subanahu wata’ala, Semoga Keluarga yang ditinggalkan Tabah dan Ikhlas menerimanya… Aamiin Yarobbillalamin,” kata Eddie Moeras.

Tokoh Literasi

Selain aktif pada organisasi perantau, semasa hidup almarhum Firdaus Oemar dikenal sebagai tokoh yang aktif menggerakkan literasi di negeri ini.

Sebagai ketua Yayasan Gemar Membaca Indonesia (Yagemi), Firdaus yang juga pengusaha penerbitan buku ini bergerak aktif membagikan buku untuk membangun pustaka di desa-desa dan nagari.

Yagemi aktif mendorong literasi melalui program buku masuk rumah  secara bergiliran yang dinamakan Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah (PB-BMR).

Pustaka Bergilir Buku Masuk Rumah (PB-BMR) adalah sistem penyediaan dan pengantaran buku bacaan ke rumah-rumah yang sesuai untuk keluarga Indonesia. Buku diantarkan secara bergilir ke rumah-rumah setiap 15 hari oleh petugas.

BACA JUGA:  Darul Siska Wujudkan Mimpi Kaki Palsu untuk Mak Anjang

Selain aktif bersama Yagemi, Almarhum juga pernah menjabat sebagai ketua umum Ikatan penerbit Indonesia (Ikapi), Ketua Umum Gabungan Toko Buku Indonesia Pusat (Gatbi) dan penasehat Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI).

(Wandi Malin)

Artikel sebelumyaPercepatan Capaian Vaksinasi, Payakumbuh Timur Lakukan Vaksin Hingga Malam
Artikel berikutnyaDi Kota Payakumbuh, Capaian Vaksinasi Covid-19 Sudah Capai 65,30 Persen