Beranda Daerah Tingkatkan Perekonomian, Nelayan Sumbar Terima Bantuan Mesin Tempel dan Motor Roda 3

Tingkatkan Perekonomian, Nelayan Sumbar Terima Bantuan Mesin Tempel dan Motor Roda 3

Ne;ayan
Tingkatkan perekonomian Nelayan, Gubernur Sumbar serahkan motor roda tiga dan mesin tempel guna menambah hasil tangkapan ikan

Beritanda1 – Guna meningkatkan perekonomian para nelayan, pemerintah Provinsi Sumatera Barat serahkan bantuan 224 unit mesin tempel 15 PK dan 10 unit Sarana Pemasaran Bergerak (SPG) berupa motor roda tiga.

Penyerahan bantuan itu dilakukan Gubernur Sumbar, Mahyeldi kepada Nelayan yang tergabung dalam kelompok pengelolaan pemasaran di Kota Padang, Minggu (12/9/2021) di halaman Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar.

Mengiringi itu, Gubernur Mahyeldi menegaskan,
bantuan ini untuk membantu meningkatkan pendapatan nelayan sehingga perekonomian juga terangkat.

” Dengan mesin tempel 15 PK, area jelajah tangkapan akan lebih jauh sehingga kemungkinan untuk mendapatkan ikan juga menjadi lebih besar,” kata Gubernur.

Sementara sepeda motor roda tiga digunakan untuk menjual produk perikanan hasil penangkapan dari kelompok ke konsumen sehingga masyarakat juga akan mendapatkan ikan yang masih segar.

Mahyeldi menaruh harapan terhadap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, sehingga nantinya bisa ditambah dengan bantuan yang lain.

Sementara itu, Pimpinan DPRD Sumatera Barat Suwirpen Suaib mengatakan, masih banyak nelayan yang termasuk kedalam masyarakat ekonomi lemah, karena itu dibutuhkan dorongan dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memberikan bantuan yang bisa dimanfaatkan oleh nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Menyambut itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Barat Dr.Ir.Desniarti, MM menyebut, ada aturan harus diingat oleh nelayan dalam pemanfaatan bantuan.

Bantuan tersebut tidak diperbolehkan untuk di alihkan kepemilikan kepada orang lain. Jika di kemudian hari diketahui ada peralihan kepemilikan, maka akan ada sanksi yang diberikan kepada kelompok.

” Alat ini juga wajib untuk dimanfaatkan. Jika tidak dimanfaatkan, selama satu bulan berturut-turut bantuan bisa ditarik kembali untuk diserahkan kepada kelompok lain,” tegas Desniarti.

BACA JUGA:  Pemkab Tanah Datar dan Kemenag Sosialisaikan Penundaan Haji Kepada 279 Calon JCH

Disebutkan, untuk bantuan yang diserahkan, seluruh mesin tempel diperuntukkan bagi nelayan Kota Padang.

” Sementara untuk motor, delapan unit untuk kelompok di Padang dan dua unit untuk daerah lain di Sumbar,” jelas Kadis Kelautan dan Perikanan ini.

Reporter: Ismardi/rel

Artikel sebelumyaDesa Koto Masjid Masuk 50 Besar ADWI 2021, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Terpesona di Puncak Kompe
Artikel berikutnyaGoa Kelelawar Pandayo, Pesona Wisata yang Tersimpan di Timur Kota Padang