Beranda Daerah Tidak Sekedar Hadir, Kepala OPD Diingatkan Bupati Hendrajoni Agar Mencatat Usulan Musrenbang

Tidak Sekedar Hadir, Kepala OPD Diingatkan Bupati Hendrajoni Agar Mencatat Usulan Musrenbang

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni saat membuka Musrenbang di Kecamatan Lunang
Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni saat membuka Musrenbang di Kecamatan Lunang

PAINAN – Setiap kepala perangkat daerah harus hadir dan mencatat semua usulan pembangunan pada kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) serta menganalisanya.

” Kepala SKPD jangan sekadar datang saja. Ini PR kita semua,” tegas Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni ketika membuka acara Musrenbang di Kecamatan Lunang, Senin (24/2).

Pada Musrenbang di Kecamatan Lunang, Bupati Hendrajoni menyebutkan satu persatu nama kepala perangkat daerah dan memperkenalkannya pada peserta undangan yang hadir saat itu.

“Tolong ya, Bapak Kepala Bappeda, nanti di catat siapa saja kepala OPD yang tidak hadir Musrenbang kali ini,” ulasnya.

Ikut hadir pada Musrenbang Kecamatan Lunang Wakil Ketua DPRD Pessel Hakimin, sejumlah kepala OPD, camat, walinagari, bamus, serta tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Camat Lunang Lyonica Ventira menuturkan, Musrenbang tingkat kecamatan merupakan kelanjutan dari pembahasan musyawarah rencana pembangunan pada 10 nagari yang di bahas beberapa waktu lalu.

“Sebelumnya pada musrenbang nagari dihasilkan usulan sebanyak 496, kemudian dibahas dalam pra musrenbang kecamatan sehingga menjadi 31 usulan prioritas untuk APBD kabupaten, 21 usulan prioritas APBD provinsi dan 10 usulan APBN,” ucapnya.

Sesuai hasil pra musrenbang kecamatan merekomendasikan pembangunan yang bakal dikerjakan yakni, sport centre, pasar, dan peningkatan jalan kabupaten Simpang SMPN1 menuju Lunang Tiga sebagai prioritas utama pembangunan.

“Pembangunan jalan, pasar, dan sport centre kami jadikan prioritas utama di Kecamatan Lunang. Sebab, untuk pembangunan pasar masyarakat sudah menghibahkan tanah seluas empat hektar. Sedangkan untuk pembangunan sport centre juga sudah tersedia tanah hibah seluas dua hektar,” katanya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan secara simbolis satu set alat kesenian marching band senilai Rp150 juta dari Kementerian Transmigrasi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan kepada Kepala SMPN 1 Lunang, Sunardi.

BACA JUGA:  Putus Diterjang Banjir, Jembatan Salak Jalamu Pessel Diharapkan Segera Dibangun

Atas bantuan itu, Kepala SMPN 1 Lunang mengucapkan terimakasih kepada Bupati Hendrajoni beserta pejabat terkait lainnya yang telah merealisasikan bantuan tersebut. ” Bantuan ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin untuk latihan marching band anak-anak di sekolah,” ucapnya.

Reporter: Okis Rockin