Tersedia 900 Lowongan Kerja, Job Fair Kurangi Angka Pengangguran

Pembukaan pameran bursa kerja

SOLOK – Pameran bursa kerja tahun 2019 (Job fair) tampaknya menjadi solusi bagi pemerintah kabupaten Solok untuk mengurangi angka pengangguran. Sekalipun belum ada penjelasan soal seberapa banyak serapan pencari kerja sepanjang dilaksanakannya Job Fair, faktanya pameran bursa kerja itu dibuka lagi di daerah yang memiliki angka pengangguran yang relatif tinggi itu.

Sepanjang dua hari kema, Selasa dan Rabu (25 dan 26 Juni 2019) di pelataran parkir DPRD Kabupaten Solok di Aroauka, sedikitnya disediakan 900 lowongam kerja oleh 27 perusahaan dari berbagai jenis spesialisasi bagi pencari kerja di daerah ini.

Bupati Solok H. Gusmal mengapresiasi langkah Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Kabupaten dan Provinsi Sumbar telah mengikat komitmen sejumlah  perusahaan mengadakan Job Fair di kabupaten Solok.

Menurut Gusmal, bursa kerja yang ditawarkan merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap  pengurangan angka pengangguran. Diharapkan Job Fair tahun 2019 ini  dapat menyerap tenaga kerja sebanyak mungkin,  sehingga mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan sekaligus. ” Kita berharap kepada kepada pancari kerja untuk mempersiapkan diri dengan penguasaan keterampilan, handal dan memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi,” kata Gusmal.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja,  Erizal mengaku,  Job fair  merupakan wadah dimana bertemunya pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan pekerjaan berdasarkan Kualifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan.” Perusahaan yang berpartisipasi pada Job Fair tahun 2019 ini sebanyak 27 perusahaan dengan kapasitas 900 lowongan pekerjaan,” lapornya.

Erizal menyebutkan perusahaan yang berpartisipasi membuka lowongan kerja siantaranya The Axana Hotel, PT Permodalan Nasional Madani, PT Astra International, PT Bussan Auto Finance, PT Maju Global Motor, PT Elang Perkasa Motor, PT.Minang Sukses sejahtera, PT Anugerah Lautan Berlian, LPK Yaruki Language, Bank Mandiri Syariah,PT Mandala Multi Finance, PT Trans Retail Indonesia, PT Amanah Muda Persada, PT Andalan Mitra Prestasi PT sinar Insani.

BACA JUGA:  Usai Pengukuhan Pimpinan, DPRD Dharmasraya Langsung Bentuk Alat Kelengkapan Dewan

Kemudian hadir pula  PT Transkreasindo, PT FIF Grup Padang, PT Ramayana Matahari Plaza,PT Andalas Berlin Motor, BTPN, PT Hansela Berkah abadi,BP3TKI, Primadata dan Hems Institut, PT Hulia Migas Pratama, PT indomobil Finance, PT Indrias Mandiri Sejati, PT MNC Vision

Kabid Penempatan dan Pelatihan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar Ir.wilson mengakuPemerintah provinsi Sumbar memberi penfhargaan tinggi terhadap upaya pemerintah kab Solok yang telah menyelenggarakan kegiatan Pameran Bursa Kerja.

Dengan tujuan penyebarluasan peluang kerja dan peningkatan karier melalui sinergi kesempatan kerja, menurut Wilson kegiatan ini sangat penting dalam upaya menyebarluaskan informasi kesempatan kerja dalam dan luar negeri. ” Dengan dilaksanakanya Pameran Bursa kerja ini, diharapkan terjadi percepatan pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja,” harapnya.

Ikut menghadiri pembukaan job fair tahun 2019 ini Wakil Bupati Solok  Yulfadri Nurdin, Sekretaris Daerah  Aswirman, Kabid Penempatan dan Pelatihan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumbar Ir.wilson, Kadis DPMPTSP-Naker Lab. Solok  Erizal, serta Kepala SKPD, Forkopimda kab Solok dan Pimpinan perusahaan, Para camat dan wali nagari.

 

 

Facebook Comments

loading...