Terdampak Covid-19, Masyarakat dan Mahasiswa Disantuni Baznas Kab. Solok

Baznas
Bupati Solok Gusmal menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada warga terdampak covid-19 di sekretarian Baznas kab. Solok, Selasa (28/4). Bantuan tersebut merupakan bagian dari program Baznas kab. Solok dalam mengurangi resiko bagi warga terdampak pandemi corona

Beritanda1 —Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Solok kembali menggelar program kepedulian dengan mendistribusikan paket sembako kepada masyarakat dalam rangka mengurangi dampak covid-19. Pendistribusian secara simbolis dilakukan oleh Bupati Solok Gusmal di sekretariat Baznas Kab, Solok di Kotobaru, Selasa (28/4).

Ketua Baznas kab. Solok Drs. H. Sukardi didampingi wakil ketua bidang pendistribusian dan pendayagunaan H. Elyunus dan Syahrul Ramadhan menyebutkan, bantuan yang telah didistribusikan Baznas Kab. Solok tersebut, berupa bantuan sebesar 26,400,000 kepada 22 orang mahasiswa luar sumbar yang tidak bisa pulang karena alasan pembatasan akibat pandemi Covid-19.

Sementara terkait bantuan sembako yang diberikan berupa beras 20 kg, telur ayam bras 30 butir, gula pasir 3 kg, minyak goreng 3 kg, sirup ABC 2 botol, Susu 3 kaleng, teh celup 2 kotak, masker scuba 2 buah.

Baznas Kab. Solok
Pengurus Baznas kab. Solok H. Elyunus menyerahkan Bantuan paket sembako kepada masyarakat

“Bantuan ini akan diberikan kepada 1.200 KK yang ada di Kab. Solok. Bantuan tersebut berasal dari Baznas Provinsi Sumbar untuk 200 KK dan dari bantuan dari Kab. Solok untuk 1.000 KK,” terang Sukardi.

Sedangkan bantuan yang saat ini sedang distribusikan dan sedang berjalan adalah bantuan kepada 682 orang guru MDTA se-kab Solok. Baznas juga akan mendistribusikan bantuan kepada 1000 orang guru TPA,TPSA, dan TPQ. “Bantuan untuk mubaliq nanti juga akan kami distribusikan. Bantuan tersebut dari Baznas Provinsi untuk 25 orang dan dari Baznas Kab. Solok sebanyak 50 orang,” bebernya.

Terhadap program kepedulian tersebut, Bupati Solok Gusmal menyampaikan apresiasi kepada pengurus Baznas Kab. Solok yang akan menyalurkan bantuan berupa Paket Sembako kepada masayarakat yang terdampak Covid 19. Bupati serta merta berharap kepada Baznas untuk terus mengembangkan konsepnya dan selalu meningkatkan prestasinya.

“ Selain itu, saya berharap kepada pengurus Baznas agar mengsosialisasikan himbauan pemerintah dalam rangka mempercepat dan memutus mata rantai Covid-19 di Kab. Solok,” ujar Bupati.

BACA JUGA:  Wakili Kab. Solok, MTsN 1 Solok Dinilai Tim Lomba Sekolah Sehat Prov.Sumbar

Bantuan sembako tersebut, kata Bupati, sejatinya sangat dibutuhkan dan diperlukan oleh masyarakat. Saat ini, semua aktifitas terganggu, pola hiduppun juga terganggu. Lantaran itu, kehadiran bantuan seperti ini sangat diperlukan oleh masyarakat.

“Bantuan yang telah terealisasi oleh baznas berupa bantuan kepada 22 mahasiswa luar sumbar yang tidak bisa pulang perlu kita apresiasi. kemudian 1.200 KK sembako yang akan di bagikan nanti juga sangat membantu. bantuan nanti juga akan disalurkan kepada guru MDTA,TPA,TPSA,TPQ dan karyawan Honerer di Pemda,” kata Bupati.

Baznas
Pengurus Baznas kab. Solok H. Elyunus menyerahkan Bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19

Hadir bersama kabag Humas Syofiar Syam, Bupati Solok sekaligus memaparkan bahwa 15 persen dari data DTKS yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah berubah menjadi 5 persen. Mengikuti arahan dari Pemerintah Provinsi  tersebut, makanya data yang paling awal yang telah diserahkan kepada pemprov Sumbar harus dirubah kembali.

Terkecuali itu, Bupati juga menghimbau agar masyarakat tidak terhambat beraktifitas dengan syarat sesuai dengan anjuran pemerintah, keluar rumah harus pakai masker, sering -sering cuci tangan.  “In syaa Allah bantuan dari Pemkab Solok akan kita serahkan secara serentak kepada sekitar  24.567 KK di Kab. Solok,” pungkas Bupati.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

loading...