Beranda Daerah Terbaik di Limapuluh Kota, Situjuah Batua Nagari Inovatif Mengolah Sampah dan Tangguh...

Terbaik di Limapuluh Kota, Situjuah Batua Nagari Inovatif Mengolah Sampah dan Tangguh Tangani Covid-19

Limapuluh
Wali Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota, DV Dt Tan Marajo, ketika menerima kunjungan tim penilai lomba nagari terbaik

Beritanda1 –  Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, ditetapkan sebagai pemenang pertama Lomba Nagari Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2021.

Sebelumnya, sepanjang tahun 2019 hingga 2020, Situjuah Batua juga ditetapkan Kemendes-PDT sebagai Nagari Berstatus Mandiri dengan skor tertinggi di Kabupaten Limapuluh Kota. Sementara itu, Polres Payakumbuh dan sebelumnya juga NDC Unand, menjadikan Situjuah Batua sebagai salah satu nagari role model dalam penanganan Covid-19.

Nagari Situjuah Batua ditetapkan sebagai pemenang pertama lomba nagari di Kabupaten Limapuluh Kota, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Limapuluh Kota Nomor 208 Tahun 2021 tertanggal 25 Mei 2021. Kemudian Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau ditetapkan sebagai pemenang kedua dan Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, sebagai pemenang ketiga.

Wali Nagari Situjuah Batua Dhon Vesky Datuak Tan Marajo, Minggu (13 Juni 2021), mengaku bersyukur kepada Allah dan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten  bersama tim penilai yang sudah mengamanahkan Situjuah Batua sebagai pemenang pertama lomba nagaritahun 2021.

Menurutnya, prestasi ini, bukan karena hebatnya wali nagari dan aparatur nagari, namun merupakan buah dari kebersamaan segenap lembaga nagari dan seluruh anak nagari Situjuah Batua. Baik yang berada di kampung halaman, maupun yang sedang berjuang di perantauan.

“Kepada tim penilai tingkat kabupaten yang datang ke Situjuah Batua beberapa waktu lalu, kami sampaikan, jika Situjuah Batua memang pantas dijadikan juara, maka jadikan kami juara. Kalau tidak dijadikan, berarti terjadi penzaliman. Sebaliknya, kalau Situjuah Batua tidak layak, jangan dijadikan kami juara. Sebab, itu artinya terjadi ketidakjujuran terhadap nagari-nagari lain. Dan kami tidak mau untuk itu,” kata Tan Marajo.

Disebutkan,  tanpa adanya kebersamaan dari lembaga-lembaga nagari di Situjuah Batua, serta kekompakan dari masyarakat, baik yang di kampung maupun di rantau, sesungguhnya Situjuah Batua tidak akan bisa menjadi pemenang pertama lomba nagari di Limapuluh Kota.

BACA JUGA:  Jadi Irup di SMKN 1 Painan, Bupati Hendrajoni Persembahkan Puisi Bagi Siswa

“Prestasi ini tak lepas dukungan pemerintah Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan support dari berbagai komponen. Insya Allah, dengan modal kebersamaan dan dukungan Pemkab Limapuluh Kota, Situjuah Batua siap mengikuti lomba ini di tingkat provinsi,” kata Tan Marajo.

Menjelang penilaian tersebut, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo pada pertengahan pekan lalu, mengutus istrinya, Ketua TP-PKK Limapuluh Kota Ny Nevi Safaruddin, untuk memberikan support dan dukungan kepada Pemnag Nagari Situjuah Batua.

Tidak hanya dikunjungi oleh Ketua TP-PKK, Nagari Situjuahbatua pada Jumat (11/6), juga dikunjungi Direktur Intelkam Polda Sumbar Kombes Pol Heri Prihanto bersama Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira, Wakapolres Kompol Jerry Syahrim, Kabag Ops Kompol Khairil Medians, Kasat Intelkam AKP Luhur Fachri,Kasat Binmas AKP Amirwan, Kapolsek Situjuah Iptu Yuliarman, dan KBO Satuan Intelkam Polres Payakumbuh Iptu Arijas.

Kedatangan rombongan Dir Intelkam Polda Sumbar dan Kapolres Payakumbuh ini ke Situjuah Batua, untuk melihat Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di Nagari Situjuah Batua yang dinilai terbaik di wilayah hukum Polres Payakumbuh.

Situjuah
Walinagari Situjuah Batua Bersama Perangkat Nagari Foto Bersama Dengan Rombongan Dari Polda Sumbar Dan Jajaran

Penanggulangan Covid-19

Selain mengecek struktuktur PPKM Mikro di Nagari Situjuah Batua, rombongan juga mengecek administasri pembukuan dan pertanggungjawaban pengunaan Dana Desa Dalam penangan Covid-19 di Situjuah Batua, serta pengecekan dokumentasi kegiatan penanggulangan Covid-19 di Situjuahbatua.

Rombongan Dir Intelkam Polda Sumbar dan Kapolres Payakumbuh mengapresiasi Pemnag Situjuah Batua yang dinilai serius dalam melakukan penanganan Covid-19 di nagari tersebut. Bahkan, Dir Intelkam dan Kapolres Payakumbuh sempat berpesan kepada Wali Nagari Situjuah Batua, agar tidak ragu-ragu untuk menghubungi mereka berdua, apalagi menemukan kendala dalam penanganan pandemi Covid-19.

Selain dinilai berhasil dalam penanganan pandemi Covid-19, Pemnag Situjuah Batua juga punya sejumput terobosan dan inovasi dalam penyelanggaran pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Sehingga ditetapkan Pemkab Limapuluh Kota sebagai pemenang pertama lomba nagari berprestasi tahun 2021.

BACA JUGA:  Pemkab Pessel Kembali Berlakukan PBM Tatap Muka di Lengayang

Sekretaris Nagari Situjuah Batua Firdaus didampingi Kaur Pemerintahan Yosvan Azwandi dan Kaur Pembangunan Hendra Dt Mudo Anso, mengatakan, inovasi yang dibuat Nagari Situjuah Batua diantaranya adalah “Nagari Bersih dan Nagari Bapitih”. Dengan inovasi ini, Pemnag Situjuah Batua mengelola sampah rumah tangga secara serius. Pengelolaan ini berdasarkan Peraturan Wali Nagari Situjuahbatua Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Nagari.

“Pengelolaan sampah nagari yang dilakukan ini, tidak hanya membuat nagari Situjuah Batua bersih dan indah. Namun, juga menjadi solusi atas persoalan banjir bandang yang terjadi setiap musim hujan karena banyaknya sampah yang menyumbat saluran drainase. Selain itu, pengolahan sampah ini juga menjadi sumber Pendapata Asli Nagari bagi Situjuah Batua,. Dimana, pendapatan diperoleh dari iuran sampah, pengolahan sampah dan kompos,” kata Firdaus bersama Yosvan Azwandi dan Hendra Dt Mudo Anso.

Selain itu, menurut Yosvan Azwandi dan Hendra, Pemnag Situjuah Batua juga membuat inovasi dalam pencegahan tindak pidana korupsi. Dengan membuat, Peraturan Nagari Tentang Pencegahan Korupsi, Peraturan Nagari Tentang Hari Absyar, serta adanya peradilan adat dan syarak.

“Kemudian, pada bidang pendidikan, Situjuah Batua juga memiliki sejumlah inovasi. Diantaranya, adanya Rumah Anak Nagari yang digarap bersama perantau sebagai sarana belajar bagi anak nagari. Kemudian, Situjuah Batua juga menyediakan wifi gratis untuk mendukung pembelajaran secara daring. Disamping itu, juga ada pemberian beasiswa pendidikan, pemberian bantuan alat-alat sekolah, dan adanya Sekolah Sepakbola Nagari,” kata Yosvan Azwandi bersama Hendra.

Sementara, pada bidang kesehatan, inovasi yang dimiliki Nagari Situjuah Batua, diantaranya adalah pemberian bantuan paket gizi bagi anak yang stunting. Kemudian, pemberian PMT Balita dan pemberian bantuan pengobatan bagi masyarakat miskin/kurang mampu. Selanjutnya, Pemnag Situjuah Batua juga memfasilitasi pengurusan BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan, pengadaan sarana dan prasarana posyandu, pemberian insentif bagi kader Yandu, Kader KB, dan KPM Nagari. Kemudan, pengadaan jamban masyarakat serta pengadaan sanitasi dan air bersih bagi masyarakat.

BACA JUGA:  Dibuka Staf Ahli Walikota, Payakumbuh Barat Gelar Musrenbang Perdana Tingkat Kecamatan

Sedangkan pada bidang ekonomi masyarakat, penanggulangan kemiskinan, dan peningkatan kapasitas masyarakat, inovasi yang dimiliki Nagari Situjuah Batua, diantaranya adalah adanya Badan Usaha Milik Nagari (BUMN), Kemduian, adanya Bank Sampah Nagari dan adanya kerajinan anak nagari yang berasal dari pengolahan sampah nagari. Kemudian, juga ada Kelompok Tani dan Gapoktan, ada objek wisata milik nagari, Koperasi Unit Desa dan UKM-Mart, serta adanya home industri dan pasa nagari.

Di Nagari Situjuah Batua, ulas Wali Nagari Situjuah Batua DV Dt Tan Marajo, partisipasi masyarakat juga sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan adanya Iuran Cinta Anak dan Kemenakan yang disingkat dengan Nagari Rancak. Iuran ini bentuknya ada iuran wajib bulanan bagi PNS, Pensiunan, pemilik kedail, RMU, dan ruko.

“ Kemudian, juga ada iuran 1 persen hasil pertanian dan iuran peternak. Semua iuran ini dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentu beasiswa pendidikan, bantuan alat sekolah, dan bantuan sembako bagi masyarakat miskin. Kemudian, masyarakat Situjuah Batua juga rutin melaksanakan gotong-royong,” papar  Wali Nagari Situjuah Batua.

Reporter: Mardikola Tri Rahmad

Artikel sebelumyaPiala Eropa 2020, Inggris Tumbangkan Kroasia 1 – 0
Artikel berikutnyaSajikan Gulai Itiak, Petani Cabai Tanah Datar Mantap Menuju Masterchef Indonesia