Tebar Ikan, Wagub Nasrul Abit: Delta Malvinas Siteba Berpotensi Dikembangkan Menjadi Destinasi Wisata

Beritanda1 –Hutan hijau seluas 24 hektar di Delta Malvinas Siteba Sungai Batang Kuranji Kota Padang berpotensi dikembangkan menjadi destinasi wisata baru, mengingat lokasinya berada di dalam kota.

 

Pendapat demikian disampaikan
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit ketika menghadiri kegiatan sekolah sungai, susur sungai, tebar bibit ikan dan tanam pohon di kawasan Delta Malvinas Kota Padang, Selasa (9 Juni 2020).

Dikatakan Wagub Sumbar, susur sungai merupakan salah satu perjuangan untuk pengawasan terhadap sungai-sungai yang ada dilingkungan sekitar agar bagaimana menghindari banjir.

Program ini, menurut Nasrul Abit, telah dijalankan sebelumnya yang melibatkan TNI/POLRI, juga dikabupaten/kota. Namun terkendala dengan pembiayaan dan pemahaman yang sama terhadap susur sungai.

” Pengalaman banjir bandang yang terjadi disebabkan penyumbatan di hulu sungai yang diakibatkan adanya penebangan liar. Kita sudah melakukan penyusuran sungai, tidak ditemukan penyumbatan dijalur sungai, ke hilirnya lancar semua berjalan aman,” Ujar Nasrul.

Wakil Gubernur sekaligus mengapresiasi langkah-langkah strategis yang dilakukan oleh Pemko Padang untuk membangun kota Padang menjadi lebih baik.

Tebar
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Walikota Padang ikuti kegiatan susur sungai dan tebar Ikan sembari menanam pohon di Delta Malvinas Siteba Batang Kuranji, Selasa (9/6)

Menyambut itu, Walikota Padang Mahyeldi mengatakan komitmennya agar bagaimana aset yang luar biasa itu termanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

“Kawasan ini nyaman, adem dan saya kira tidak ada lokasi seperti ini di kota Padang dengan kesejukan dengan pepohonannya,” sebut Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengharapkan kerjasama Pemprov untuk kelanjutan pembangunan dan keberlanjutan susur sungai tersebut.

Sementara itu, Kepala BWS V Padang Mariadi mengatakan, upaya mempertahankan dan keberadaan, keberlanjutan pemanfaatan dan menjaga kelestarian sungai adalah amanat pokok Undang-undang No. 17 Tahun 2019 tentang sumber daya air.

” Upaya tersebut diwujudkan melalui operasi susur sungai telah dilaksakan oleh pemangku kepentingan. “ujar Mariadi.

BACA JUGA:  Rata-Rata yang Terinfeksi OTG. Dari 1.461 Sample Swab, Positif Covid-19 Sebanyak 35 Orang
Malvinas
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama Walikota Padang ikuti kegiatan susur sungai dan tebar Ikan sembari menanam pohon di Delta Malvinas Siteba Batang Kuranji, Selasa (9/6)

Menurutnya, susur sungai merupakan kegiatan pengenalan sungai, melihat kondisi sungai, pembersihan sungai serta upaya pengenalan potensi sungai. Kegiatan susur sungai merupakan kegiatan tahunan rutinitas BWS V dalam pengelolaan sumber daya air dan potensi air di Sumatera Barat. Kegiatan ini juga melibatkan Pemda, Pemprov dan stakeholder lainnya.

Disamping itu, pihaknya juga ingin menggalakkan pemanfaatan potensi sungai, menjaga kelestarian sungai serta manfaat sumber daya air dan prasarana lainnya.

Reporter: Rudi Cader
Editor.    : Melatisan

Facebook Comments

loading...