Beranda Daerah Tanah Puncak Polan Bergerak, Pemukiman Warga Aur Mulyo Sawahlunto Terancam

Tanah Puncak Polan Bergerak, Pemukiman Warga Aur Mulyo Sawahlunto Terancam

Kondisi tanah yang terus bergerak dari puncak Polan Sawahlunto yang dikhawatirkan mengancam pemukiman warga sekitar

SAWAHLUNTO—Warga  di Kelurahan Aur Mulyo, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto kini dihantui kecemasan. Pasalnya, tanah bercampur material yan berada di pinggang Puncak Polan di dekat pemukiman warga tersebut, bergerak turun akibat hujan yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Camat Lembah Segar Afriandes, Senin (3/2),mengatakan pergerakan tanah yang sangat jauh terlihat sejak tadi pagi. Tanah bercampur material batu dan lainnya sudah bergerak melampaui jalan yang digunakan masyarakat.

Menyikapi itu, pemerintah setempat kata dia, saat ini terus melakukan upaya dengan mendatangkan alat berat untuk melakukan pemindahan terhadap tanah dan meterial tersebut, agar tidak menimpa rumah masyarakat yang ada tepat di bawahnya.

Terlihat, saat ini pergerakan tanah sudah mendekati sedikitnya tiga rumah warga. “Jika terjadi hujan, dikhawatirkan material tanah dan batu akan bergerak menuju rumah dan merusak pemukiman warga,” ujarnya.

Afriandes yang turun bersama pihak Kesbangpol dan PBD Kota Sawahlunto beserta masyarakat, tengah menunggu dua unit alat berat yang akan bekerja memindahkan material yang ada ke tempat lain.

Tanah Puncak Polan Bergerak, Pemukiman Warga Aur Mulyo Sawahlunto Terancam 1 Whatsapp Image 2020 02 03 At 20.06.32

Lurah Aur Mulyo, Muldayuri bersama warganya sangat berharap tidak terjadi turun hujan. Sehingga tiga alat berat dapat beroperasi memindahkan tanah dan meterial yang ada dengan cepat.

“Mudah-mudahan tidak terjadi hujan malam ini, sehingga tanah dan meterial longsor dapat dipindahkan ke tempat lain,” ujar salah seorang warga

Puncak Polan merupakan dataran tinggi yang berada pada bagian timur Kota Sawahlunto.

Redaksi

BACA JUGA:  Lengkapi SOP dan Protkes, Pesisir Selatan Siap Memulai PBM Tatap Muka