Tadabur Alam, Siswa MTs Muhammadiyah Sumani Ikuti Perjusami

44
Para siswa MTsM SUmani terlihat serius mengikuti tadarus dan muraja’ah hafalan al-Qur’an selepas sholat berjama’ah di lapangan, dalam kegiatan perjusami yang digelar dari tanggal (23-25/8) di nagari Tikalak. ZF

AROSUKA—Sebanyak 106 orang siswa-siswi MTs Muhammadiyah Sumani mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami) di lapangan bumi perkemahan Tikalak 23-25 Agustus 2019. Perkemahan ini digelar sebagai sebuah konsep pendidikan Tadabur Alam bagi siswa di madrasah tersebut.

Kepala MTsM Sumani Hj. Susi Elfina, S.Ag menyebutkan, melalui kegiatan Perjusami ini, para siswa diajak mensyukuri kebesaran Allah sembari belajar di alam terbuka. Walau belajar di alam terbuka nilai-nilai dan kebiasaan setiap hari di madrasah tetap dilakukan. “Para peserta mengawalinya dengan Tahajud kemudian persiapan kegiatan seperti memasak dan olah raga, seperti biasa setiap pagi Tadarus dan Duha sebelum memulai aktivitas” ujar Ummi Susi begitu ia biasa disapa.

Dengan adanya kolaborasi antara pendidikan keagamaan, ilmu pengetahuan dan kecakapan hidup sebagaimana yang diajarkan dalam Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya kata Susi, diharapkan siswa-siswi MTsM Sumani menjadi insan yang Beriman, Berilmu dan Bermanfaat bagi Masyarakat.

“Dengan Imannya ia layak menjadi Imam dan panutan, dengan ilmunya ia akan membawa kemajuan bagi masyarakat dan bangsanya dengn dengan keahlian Pramukanya ia menjadi penolong dan peduli pada sesama” imbuh Ummi Susi bersemangat.

Susi Elfina berharap seluruh siswa mengikuti kegiatan dengan baik sekaligus menekankan, bahwa kegiatan yang penuh kedisipilinan ini tetap mengedepankan unsur kasih sayang.

Sementara itu, Ketua Panitia Perjusami MTsM Sumani Arfimasri, SE, MM mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan MTsM Sumani.  Selama kegiatan dijadwalkan beberapa acara dalam kegiatan ini antara lain Pembinaan Iman dan Taqwa, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Latihan dan Pengenalan Penangan P3K oleh PMI dan Pelantikan Kacu.

BACA JUGA:  Wow.. 4.312 Siswa Kurang Mampu Dapat Beasiswa Dari BAZNAS Pessel

Dalam schedule acara,  panitia selalu mengangendakan shalat berjamaah di mushalla yang ada didekat lokasi perkemahan. Karena shalat berjamaah merupakan salah satu program unggulan MTsM Sumani disamping Tadarus, Duha dan Tahfizh. Para peserta terdiri 52 orang siswa dan 54 siswi ditambah 16 orang siswa pendamping / senior dibawah pengawasan 8 orang ustadz dan ustadzah pendamping. “Sebagaimana acara Pramuka, selain pendidikan kecakapan / skill, pembinaan iman dan taqwa, panitia juga menyiapkan beberapa game sebagai selingan dan hiburan untuk para peserta” tutup Masri.

 

Reporter: ZF

Editor: MALIN MARAJO

Facebook Comments

Loading...
loading...