Syafrizal Disebut Sebut, Balon Bupati Sijunjung Bermunculan

Tokoh Masyarakat Sijunjung, Syaril. Sy. Datuak Nan Putieh

SIJUNJUNG – Hari-hari belakangan,  suhu politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Sijunjung mulai memuai. Sejumlah nama kandidat telah mengapung. Disinyalir, sejumlah pimpinan partai politik (Parpol) ikut membidik dan memperhitungkan kandidat bakal calon (balon) Bupati dan Balon Wakil Bupati Sijunjung untuk lima tahun ke depan.

Bersamaan munculnya sejumlah tokoh yang di gadang-gadang layak menggantikan kursi Yuswir Arifin, tersiar khabar  kelompok menuju Sijunjung hebat sudah mulai pula merumuskan kriteria pemimpin Sijunjung mendatang.

Dari beberapa nama yang dilansir dari berbagai sumber,  ada sosok baru yang cukup santer disebut sebut, yakni Drs. H. Syafrizal. M.Si, putra Lubuak Tarok.  Bapak tiga anak kelahiran 1960 ini, sejak tahun 2014 hingga sekarang menjabat Kepala Biro (Karo) Umum Kemenag RI. Syafrizal saat ini juga dipercaya sebagai pengelola pembangunan Universitas Islam Internatioanl Indonesia (UIII)

Selain Syafrizal, Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy. Kemudian H. Ashelfine (Pepen) yang tercatat senagai kandidat Cabup 2015 – 2020. Selanjutnya dibicarakan juga nama  H. Liswandi (anggota DPRD Sumbar).

Sementara sosok Sarikal (Anggota DPRD Sijunjung) Endre Saifoel/Ji Wen (Anggota DPR RI) Hendri Susanto (Anggota DPRD Sijunjung)  dan Iradatillah (Anggota DPRD Sumbar) juga mendapat tempat dalam perbincangan pihak Parpol dan kalangan masyarakat.

Dari kalangan tokoh muda dan energik, juga muncul nama Benny Dwifa Yuswir. Putra tertua Bupati Sijunjung yang sedang melakoni Kepala Bapeda Sijunjung ini juga dipandang  pantas untuk maju sebagai pemimpin masa depan.

Selain Benny, Ketua LKAAM Sijunjung, H. Epi Radisman, Datuak Paduko Alam, SH, juga santer diperbincangkan. Dari sekian deretan nama itu, saat dihubungi satu persatu belum ada yang mau menyatakan sikap. ” Kalau masyarakat menginginkan kenapa tidak ,” hanya itu yang muncul dari jawaban Ketua LKAAM Sijunjung.

BACA JUGA:  Ditangkap,  Pelaku Pembunuhan  Ibu Muda  di Payakumbuh adalah Suaminya Sendiri

Dari sejumlah nama itu beberapa tokoh masyarakat Sijunjung menilai bahwa semuanya pantas untuk maju. Namun bagi Sy. Datuak Sinaro (60), siapapun yang akan maju jadi pemimpin Sijunjung lima tahun ke depan, betul betul mempunyai visi dan misi jelas, serta memiliki keberanian untuk merobah wajah Sijunjung. ” Kalau masalah sumber daya alam Sijunjung masih kuat di Sumbar ini,” sebut sosok yang akrab disapa Datuak Abu ini.

Senada dengan Datuak Abu, Drs. H. Syaril. Sy, Datuk Nan Putieh, juga tidak menampik dari nama yang mengapung itu untuk dijadikan kandidat calon pimpinan kabupaten ini. Sosok yang dibutuhkan Sijunjung, ke depan adalah yang energik dan mampu mensejajarkan Sijunjung dengan daerah yang sudah maju dari negeri ini. ” Kenapa daerah lain itu bisa maju, ini yang harus jadi patokan oleh vigur yang akan tampil nantinya,” ujar mantan Ketua IKSS ini.

Reporter : S Husein

Editor : Malin Marajo

Facebook Comments

loading...