Beranda Daerah Sudah Dipasang Rambu Lalu Lintas, Ini Pelanggaran yang Sering Terjadi di Kota...

Sudah Dipasang Rambu Lalu Lintas, Ini Pelanggaran yang Sering Terjadi di Kota Solok

Pelanggaran
Kanit Lakalantas Polres Solok Kota,Bripka Dodi Astan,SH melakukan pembinaan kepada pengguna jalan yang melanggar rambu - rambu lalu lintas

Beritanda1— Lampu lalu lintas atau traffic light merupakan sebuah komponen vital pengaturan lalu lintas. Namun ironisnya, pelanggaran terhadap lampu lalu lintas ini justru jenis pelanggaran yang paling sering dilakukan pengguna kendaraan bermotor di Kota Solok.

“Alasannya sedang terburu-buru serta tidak melihat lampu sudah berganti warna,” ujar Kanit Laka Lantas Satuan Lalu Lintas Polres Solok Kota Bripka Dodi Astan,SH saat dijumpai di simpang Lampu Merah Poliguna Kelurahan VI Suku Kota Solok, Rabu (4 Maret 2021).

Ia menyebutkan, meski berbagai aturan sudah dikeluarkan untuk membuat situasi lalu lintas tetap kondusif, pada kenyataannya masih saja banyak pengguna jalan yang tidak mengindahkan aturan-aturan tersebut.  Berbagai pelanggaran kerap dilakukan terutama sering mengabaikan rambu – rambu lalulintas yang telah terpasang.

“Contohnya di simpang Poliguna VI suku, penegndara yang datang dari arah Balai Kota Solok dilarang untuk lurus, namun masih kerap dilanggar oleh pengendara. Terutama pengendara sepeda motor,” ucapnya.

Dodi mengatakan, rambu lalu lintas merupakan simbol aturan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap yang wajib untuk diikuti dan dipatuhi oleh setiap pengguna jalan. Jika pelanggaran ini tidak ditertibkan maka akan berdampak buruk pada orang-orang yang sebelumnya selalu patuh terhadap aturan.

“Sebagai anggota Lalu Lintas kami wajib menyampaikan himbauan ini agar masyarakat sadar dan tertib berlalu lintas, sehingga angka kecelakaan di Kota Solok dapat diminimalisir,” tutur Dodi Astan.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Solok Nasril In Dt Malintang Sutan,SH menilai pelanggaran terhadap rambu -rambu lalu lintas banyak terjadi pada saat jam sibuk pagi hari.

Pengadaan rambu – rambu lalu lintas terus ditingkatkan, namun tidak ada jaminan rambu itu akan ditaati oleh pengguna jalan. Kecuali petugas selalu memberikan pembinaan bagi pelanggar, setidaknya langkah tersebut dapat mengurangi upaya pelanggaran yang akan terjadi oleh pengendara lainnya.

BACA JUGA:  Hari Asyura, MTsN 7 Solok Santuni Anak Yatim

Kami mendukung dan mengapresiasi langkah–langkah yang dilakukan oleh Satlantas Polres Solok Kota dalam menegakkan aturan berlalu lintas. Ia menilai pelanggaran tersebut merupakan kebiasaan pengendara yang tahun sebelumnya hal itu diperbolehkan.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas, sehingga akan tercipta suasana yang nyaman oleh pengguna jalan. Jika kita sama–sama mematuhi aturan akan membuat kenyamanan,” Ungkap Nasril In.

Reporter: Wahyu Haryadi

Artikel sebelumyaBatang Lembang Jadi Lubuk Larangan, Pemuda Lubuk Agung Tebar 2.500 Ekor Ikan
Artikel berikutnyaKapolres Dharmasraya Kumpulkan 52 Bhabinkamtibmas Nagari, Ada Apa ?⁣