Sudah 221 Orang Terinfeksi Covid-19 di Sumbar, Dominan Penularan Secara Local Transmission

covid-19 Sumbar
Jubir Covid-19 Sumbar Jasman Rizal

Bertianda1 Warga Sumbar terinfeksi covid-19 terus bertambah. Hari ini, Selasa (5/5), tambahan terinfeksi positif  sebanyak  18 orang,  1  orang sembuh dan meninggal dunia 1  orang.

“  Sampai saat ini, total warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 adalah 221 orang,” terang Jasman Rizal, Kepala Biro Humas Setda Prov Sumbar, selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, dalam keterangan terulisnya, Selasa (5/5).

Jasman menjelaskan,  dari 18 warga terinfeksi covid 19 itu, sebanyak 13 orang  adalah warga Kota Padang. Terbanyak adalah hasil dari tracing cluster pedagang di Pasar Raya Pagambiran dan ada juga karena ada warga yang baru pulang dari Depok dan Jakarta.

“Namun rata-rata penularan terbesar itu secara local transmission,” ungkapnya

Kemudian dari Kota Payokumbuah menambah 1 orang warganya  positif terinfeksi covid-19, warga Nunang, pria 62 tahun karyawan swasta dan sekarang isolasi di rumah.

Kabupaten Kepulauan Mentawai juga terjadi penambahan sebanyak 1  orang, mahasiswi 18 tahun dari desa Bosua dan sekarang isolasi mandiri.

Tanah Datar, juga terkonfirmasi ada penambahan warganya yang terinfeksi covid-19 sebanyak 1  orang lagi. Seorang pria 71 tahun asal Pincuran Tinggi. Isolasi di rumah.

Terakhir, Agam juga terkonfirmasi menambah 2 orang  terinfeksi. Warga Biaro, Guru wanita 37 tahun dan sekarang isolasi di rumahnya. Warga Padang Tarok, ibu rumah tangga 22 tahun, dirawat di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi.

Dengan demikian, total yang telah dinyatakan positif terinfeksi covid-19 di Sumbar  adalah 221 orang, dengan rincian 92 orang masih dirawat, isolasi mandiri di rumah 50 orang, Bapelkes 13 orang dan di BPSDM 12 orang, meninggal dunia 16 orang dan sembuh 38 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar menyampaikan, Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 8.545 orang, Proses pemantauan 135 orang karantina Pemda, 182 orang Isolasi mandiri, Selesai Pemantauan 8.228 orang.

BACA JUGA:  Unik.. Reses di Dapil, Lisda Hendrajoni Camping Bersama Warga

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 477 orang.

“ Dari 477 PDP tersebut, 51 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil lab. Dinyatakan negatif, pulang dan sehat sebanyak 421 orang dan isolasi diri di rumah 5 orang,” jelas Jasman.

Reporter: Rudi Cader

Editor    : Melatisan

 

 

Facebook Comments

loading...