SPBU Muaro Bodi Sijunjung Terbakar, Ini Penyebabnya

SPBU Sijunjung
Kobaran api yang membakar SPBU Muaro Bodi Sijunjung, Jum'at 21 Agustus 2020. berawal dari mobil berisi jerigen pengankut BBM yang terbakar di area SPBU

Beritanda1 –Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Muaro Bodi Kecamatan IV Nagari Kabupaten Sijunjung terbakar, Jumat (21 Agustus 2020) siang. 

 

 

Selain satu unit mobil kijang, tiga unit sepeda motor diketahui ikut hangus dilalap api. Tak hanya itu, api juga menghanguskan dua mesin pompa pengisian bahan bakar milik SPBU nomor 14.275.595 yang terletak di tepi jalan Lintas Sumatera itu.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam perstiwa itu. Saat api muncul, semua orang yang antre mengisi BBM, termasuk petugas SPBU langsung bisa dengan cepat menyelamatkan diri.

Informasi yang didapat Beritanda1.com menyebutkan, kebakaran itu terjadi sekira pukul 15.10 WIB. Bermula saat antrian kendaraan hendak mengisi bahan bakar jenis Premium di SPBU tersebut.

Namun entah apa sebabnya sebuah mobil kijang dengan nopol BA 1891 JD yang sedang mengisi bahan bakar tiba tiba saja mengeluarkan percikan api dan dengan cepat api tersebut membesar.

Petugas SPBU pun bergerak cepat untuk memadamkan api tersebut, namun usaha petugas SPBU tersebut tidak membuahkan hasil. Api bahkan dengan cepat menyulut ke pompa pengisian bahan bakar jenis premium tersebut hingga semua pengendara yang antri pun lari kocar kacir meninggalkan SPBU karena takut ikut terbakar.

Kebakaran SPBU Sijunjung
Petugas Dinas Pol-PP dan Damkar Sijunjung dan Polsek IV Nagari berusaha memadamkan api

Petugas SPBU pun melaporkan kejaidan tersebut ke Polsek IV nagari dan Pemadam Kebakaran Sijunjung. Laporan kebakaran tersebut ditanggapi Dinas Pol-PP dan Damkar Sijunjung dan Polsek IV Nagari pukul 15.15 dan langsung menuju lokasi kejadian dengan menurunkan dua unit mobil pemadam Kebakaran untuk memadamkan kobaran api tersebut.

Api berhasil dipadamkan dibantu  aparat kepolisian dan TNI serta petugas SPBU dan warga sekitar 30 menit. Akibat kejadian itu, Jalinsum sempat macet dikarenakan banyak warga yang ingin menyaksikan kebakaran tersebut, namun akhirnya dapat diurai dan menjadi lancar setelah pihak kepolisian dari Polsek IV Nagari mengatur arus lalulintas.

BACA JUGA:  Dandim 0311 Coffee Morning dengan Wartawan Pessel
SPBU Muaro Bodi Sijunjung
Petugas Dinas Pol-PP dan Damkar Sijunjung dan Polsek IV Nagari berusaha memadamkan api yang membakar SPBU di area SPBU Muaro Bodi Sijunjung

Kapolsek IV Nagari Iptu Dian James Putra yang berada di lokasi kejadian mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui apa penyebab pastinya kebakaran SPBU tersebut dan pihaknya masih memintai keterangan petugas SPBU serta saksi mata dan pemilik kendaraan yang mobilnya terbakar saat mengisi bahan bahakr jenis premium tersebut.

Rekaman CCTV SPBU

Sementara itu dari rekaman kamera CCTV SPBU yang disaksikan, api awalnya terlihat berkobar di bagian depan mobil Kijang warna biru tersebut. Sebelumnya, tampak sopir menjatuhkan sesuatu, lalu api langsung berkobar.

Sedangkan, informasi dari pengelola SPBU, pemilik mobil tersebut sempat mengisi minyak ke dalam jerigen lalu memasukkannya ke dalam mobil.

“Informasinya, di dalam mobil ada jerigen yang berisi minyak yang sudah diisi sebelumnya,” ungkap salah seorang pegawai SPBU, saat memperlihatkan rekaman CCTV kepada petugas Polres Sijunjung bersama Kapolsek IV Nagari.

Kopolsek IV Nagari, Iptu Dian James Putra mengatakan, kasus kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan. Rekaman CCTV diamankan untuk kepentingan penyelidikan. Hingga sore tadi, Unit Identifiksi Polres Sijunjung masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran.

SPBU Sijunjung
Unit Identifikasi Polres Sijunjung melakukan olah TKP dan penyelidikan penyebab terbakarnya SPBU Muaro Bodi Sijunjung, Jum’at (21 Agustus 2020)

“Kami masih melakukan penyelidikan dan memintai keterangan petugas SPBU dan Pemilik kendaraan serta saksi mata saat peristiwa tersebut terjadi ditambah kita juga telah memasang garis polisi di lokasi untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujar Kapolsek.

 

Facebook Comments

loading...