Sonsong Pilkada 2020, KPU Pasaman Gelar Tes Wawancara Bagi Calon PPK

101
KPU Pasaman gelar Tes Wawancara bagi Calon PPK
KPU Pasaman gelar Tes Wawancara bagi Calon PPK

LUBUK SIKAPING Rangkaian tahapan Pembentukan Badan Adhoc PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang dikakukan KPU Pasaman guna menghadapi Pilkada 2020, memasuki tahap tes  wawancara mulai Sabtu hingga Senin (8-10/2/2020).

Saat membuka kegiatan tes wawancara,  Ketua KPU Kabupaten Pasaman, Rodi Andermi, SH.  Menyampaikan tahapan  tes wawancara yang dilaksanakan, sesuai Peraturan KPU tentang Jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020.

“Tahapan wawancara ini menjadi salah satu syarat rekrutmen badan adhoc sesuai PKPU nomor 15 Tahun 2019 dan Keputusan KPU Nomor 66/PP.06.4-kpt/03/KPU/II/2020. Wawancara dilakukan kepada seluruh peserta calon PPK, dengan pertanyaan  berkaitan dengan motivasi menjadi PPK, pengetahuan umum dan tupoksi adhoc dalam kepemiluan serta klarifikasi tanggapan masyarakat atau Bawaslu,” ungkap Rodi Andermi, Sabtu (08/02).

Tim pewawancara bagi calon PPK terdiri dari para Komisioner KPU Pasaman yang didampingi Sekretaris dan Kasubag Sekretariat KPU Pasaman.

Setelah proses tahapan wawancara berakhir, lanjut Rodi Dt Putiah, akan ada layanan tanggapan masyarakat tahap II (15 s.d 21 Februari 2020). Tanggapan tersebut akan menjadi penentu terus melaju atau berhentinya perjalanan calon anggota PPK.

“Setelah ditetapkan, belum tentu pula seseorang terpilih PPK akan dilantik, jika masih ada tanggapan masyarakat disertai bukti yang mampu dipertanggungjawabkan dan menggugurkan syarat-syarat menjadi anggota PPK,” jelasnya.

Pada Sabtu (8/2), KPU Pasaman melaksanakan tes wawancara untuk 4 Kecamatan, yang terdiri dari Kecamatan Lubuk Sikaping, Panti, Rao Selatan dan Rao Utara.

BACA JUGA:  Kedapatan Main Kartu Saat Jam Pelajaran,  Lima Pelajar  Dijaring Petugas Satpol PP Pessel

Kemudian Minggu, tanggal 9 Februari 2020, dilanjutkan tes wawancaranya bagi calon PPK dari Kecamatan Simpati, Mapat Tunggul, Padang Gelugur dan Bonjol.

Dan hari Senin tanggal 10 Februari 2020,  wawancara dilakukan bagi calon PPK dari Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Rao, Duo Koto dan Tigo Nagari.

Sedangkan hasil dari perekrutan anggota PPK ini  akan diumumkan pada tanggal 15 sampai 21 Februari 2020.

“ Pengumuman akan dipampangkan  di  Kantor Sekretariat dan website KPU Pasaman, berikut di masing-masing Kantor Camat serta media massa,” jelas Rodi.

Reporter: M.A

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

Loading...
loading...