Sinergi yang Kuat, Lahirkan Dharmasraya Sebagai Kabupaten Layak Anak

17

DHARMASRAYA – Buah dari kepemimpinan yang melibatkan banyak pihak, ujung kolaborasi yang dibangun, memiliki kontribusi penting terhadap progres pembangunan di Dharmasraya. Klimaksnya, kabupaten mekar yang di pimpin Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt. Rajo Medan itu didapuk menjadi kabupaten layak anak.

Dalam kaitan dengan status Kabupaten Layak Anak ini, Kepala Dinsos P3APPKB Kabupaten Dharmasraya, Boby Perdana Roza, S.STP, M.Si, mengaku peran Dinas Pangan dan Perikanan cukup besar dalam mewujudkan predikat tersebut. Peran konkrit Dispanper itu, tampak pada pelaksanaan pengawasan jajanan anak sekolah. ” Dinas Pangan dan Perikanan dan beberapa Puskesmas mempunyai program untuk memeriksa jajanan anak sekolah agar tidak tercemar zat zat berbahaya,” ujarnya.

Masalah pengawasan itu tentu saja merupakan program sangat bagus dalam upaya perlindungan kepada anak. Pelajar SD khususnya akan terhindar dari ancaman zat beracun yang dapat merusak kesehatan dan merusak masa depan anak melalui makanan atau jajanan di sekolah.

Selain itu, Dinas Pangan dan Perikanan juga telah memainkan peran dalam membangun kesadaran orang tua agar memberikan anak anaknya makanan berbahan ikan. Makan ikan bagi anak akan membawa dampak kesehatan dan kecerdasan terutama anak sampai usia 1000 hari setelah lahir.

” Dengan progam gemar makan ikan untuk anak usia dini, maka Kabupaten Dharmasraya menjadi kabupaten yang kondusif bagi perkembangan kesehatan dan kecerdasan anak, “jelasnya.

BACA JUGA:  Dharmasraya Jadikan Festival Pamalayu Sebagai Momentum Menggaet Dana Pusat

Menurut Boby, Dinas Pangan dan Perikanan hanyalah sebuah contoh, bahwa anugerah kabupaten layak anak yang akan diserahkan Presiden Joko Widodo dalam rangkaian peringatan hari anak nasional di Makasar Selasa depan, diraih atas kolaborasi banyak pihak dengan melibatkan sejumlah instansi pemerintah dan lembaga mitra pemerintah seperti TP-PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil dan dinas dinas lainnya.

Fenomena itu menunjukkan, betapa jegesnya kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan – Amrizal Dt. Rajo Medan dalam membangun sinergi antar OPD hingga menghasilkan anugerah Kabupaten Layak Anak dari RI 1.

Reporter : S. Hanif

 

Loading...
loading...