Siaga Virus Corona, Ini Langkah Pemkab Solok Lakukan Pencehagan  Penyebaran

Sekda Aswirman pimpin Rakor dengan seluruh SKPD dan Forkompimda, guna melakukan langkah kesiapsiagaan penyebaran virus Corona, Sabtu (14/3) di Aroauka.
Sekda Aswirman pimpin Rakor dengan seluruh SKPD dan Forkompimda, guna melakukan langkah kesiapsiagaan penyebaran virus Corona, Sabtu (14/3) di Aroauka.

AROSUKA – Pemerintah Kabupaten Solok langsung melakukan rapat koordinasi bersama pejabat Forkompimda sebagai langkah kesesiapsiagaan menghadapi penyebaran infeksi Covid 19 ini, Sabtu (14/3) di ruang Solok Nan Indah Arosuka.

Dipimpin Sekda Aswirman dalam kapasitasnya sebagai bupati Solok, Rakor kesiapsiagaan menghadapi penyebaran virus Corona ini dihadiri Asisten bidang Administrasi Sony Sondra, Kepala SKPD dan seluruh camat sert Forkopimda Kab. Solok.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Solok Maryeti Marwazi menyampaikan,  situasi covid-19 di Indonesia sampai tanggal 13 Maret 2020,  sudah mencapai 69 positif dan sudah dilakukan pemeriksaan.

Menanggapi kasus ini, kata dia, sudah ada beberapa langkah kesiapsiagaan dilakukan pemerintah Kab. Solok, diantaranya menyebarluaskan dan mensosialisasikan himbauan Bupati Solok dalam upaya pencegahan dan penyebaran penyakit infeksi Corona

Pihaknya juga melakukan surveilans atau pengawasan serta pemantauan terhadap orang yang baru datang / setelah perjalanan dari negara yang terjangkit.

” Kita juga meningkatkan pelaporan kasus ILI, ISPA dan pneumonia dari puskesmas setiap hari,” ujarnya.

Dalam hal himbauan, pemkab Solok melakukan penyebaran media informasi seperti baliho,  serta pembagian leaflet tentang pencegahan penyakit infeksi Corona di setiap puskesmas,  tempat umum dan masyarakat umum lainnya

Selanjutnya menyediakan Posko dan pusat informasi kesiapsiagaan covid-19 pada kantor dinas kesehatan Kab. Solok, melakukan sosialisasi diseluruh kecamatan dan nagari dan melakukan penyemprotan desinfektan pada tempat umum.

” Kita juga akan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi yang membutuhkan, seperti pegawai yang bekerja di instansi kesehatan,  Rumah Sakit dan puskesmas,” terangnya.

Terkait itu,  Bupati Solok diwakili Sekda Aswirman mengingatkan, seluruh masyarakat tentang bahaya penyakit infeksi corona (covid-19). Musibah ini merupakan ancaman bagi semua. ” Karena itu kita harus selalu waspada terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, yang memiliki gejala-gejala yang sesuai dengan yang dialami oleh penderita covid-19,” ingatnya.

BACA JUGA:  Waduh..Rumah Syahrizal Terbelah Dua Ditimpa Pohon Petai Tetangga

Sekda menganjurkan semua pihak agar selalu menatau masyarakat umum tentang gejala-gejala yang berkaitan dengan penyakit infeksi corona atau covid-19 ini.

Sekda Kab. Solok menghimbau  seluruh masyarakat agar lebih membiasakan diri untuk hidup bersih dan sehat. Caranya tentu dengan melakukan langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mengantisipasi penularan penyakit infeksi corona (covid-19).

” Dinas Kesehatan dan unsur terkait agar dapat segera melakukan penyemprotan desinfektan sesuai anjuran pemerintah Pusat. Khusus untuk wilayah Kab. Solok, agar disediakan hand sanitizer di seluruh kantor dinas (SKPD) serta tempat fasilitas umum lainnya,” paparnya.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor    : Melatisan

 

 

Facebook Comments

loading...