Siaga Bencana, 113 Siswa MIN 1 Solok Ikuti Kunjed ke BMKG Padang Panjang

177
para siswa MIN 1 Solok foto bersama di depan kantor BMKG Padang Panjang

AROSUKA—Sebanyak 113 siswa MIN 1 Solok mengikuti kunjungan  edukasi  (Kunjed) tentang siaga bencana ke Badan Metereologi Klimatologi dan geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sabtu (15/2). Kedatangan MIN 1 Solok  ke BMKG Padang Panjang  dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Elvi Yoseva, S.Pd.I yang didampaingi beberapa guru.

“Kami harap kunjungan ini mampu memberikan edukasi kepada siswa tentang kebencanaan, terutama terkait bencana gempa dan kesiap siagaan kita menghadapinya,”ujar Elvi Yoseva.

Rombongan MIN 1 Solok menerima penjelasan tentang tugas, fungsi dan peran BMKG terutama tentang penyampaikan informasi adanya bencana Gempa Bumi kepada masyarakat oleh kepala seksi Data dan Infomasi BMKG padang Panjang Mamuri, S.si, MTI. Para Siswa juga diperkenalkan tentang perbedaan Gempa Tektonik dan Gempa Vulkanik dan dampak yang ditimbulkan bagi lingkungan.

Siaga Bencana, 113 Siswa MIN 1 Solok Ikuti Kunjed ke BMKG Padang Panjang 1 0164 min 1 a
para siswa menerima penjelasan tentang bencana gempa dari petugas BMKG Padang Panjang

Dalam kesempatan ini juga diberikan pengarahan tentang langkah dan tindakan menyelamatkan diri saat terjadi gempa. “Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan kepada siswa keberadaan, fungsi dan tugas BMKG serta manfaatnya untuk masyarakat,” tambah Elvi.

Elvi menyebutkan,  dalam materi yang disampaikan kepada siswa hanya dijelaskan tentang defenisi gempa, jenis gempa dan alat untuk mengukur kekuatannya. Sedangkan tugas, fungi dan peran BMKG masih banyak masyarakat yang belum tahu.

“Untuk itu melalui kegiatan ini kami ingin menyampaikan kepada siswa bahwa ada lembaga yang ditugasi pemerintah untuk menyampaikan informasi tetang bencana khususnya gempa kepada masyarakat'” imbuh Elvi.

Ia berharap para siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat berbagi ilmu dan informasi yang didapat tersebut kepada teman dan keluarga di rumah.

Sumber: Suhanews

Facebook Comments

BACA JUGA:  Waduh, Abrasi Pantai Terus Ancam Pemukiman Warga di Pessel
loading...