Beranda Daerah Semarak Vaksinasi Massal di Singkarak, Empat Wali Nagari Terima Eskavator  

Semarak Vaksinasi Massal di Singkarak, Empat Wali Nagari Terima Eskavator

vaksinasi
Mengiringi kegiatan vaksinasi massal di Singkarak, Bupati Solok Epyardi Asda sekaligus menyerahkan empat eskavator kepada wali nagari, Selasa (19/10/2021)

Beritanda1-Ratusan bahkan hamper seribuan orang masyarakat berbaur menunggu antrian vaksinasi dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) di dermaga Singkarak, kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Selasa (19/10/2021).

Semarak vaksinasi massal menggejala ketika sejumlah pejabat Kabupaten Solok juga datang bersama Bupati H. Epyardi Asda, Kapolres Solok Arosuka AKBP Apri Wibowo, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, Dandim O309 Solok dan Kejari Solok, penjabat Sekda Medison, kepala SKPD dan para camat serta Wali Nagari.

Kegiatan Vaksinasi  ini menjadi lebih istimewa ketika  Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa Putra, SH. SIK muncul  di dermaga Singkarak bersama sejumlah pejabat Utama Polda Sumbar dengan mengendarai moge Harley Davidson.

Antusias masyarakat  makin tampak,  karena  bupati Solok H. Epyardi Asda sekaligus melaunching 7 unit eskavator dari 14 unit yang dijanjikan untuk 14 kecamatan di Kabupaten Solok.

” Tetapi sekarang yang baru datang ada 4 dari 7 unit eskavator. Tujuh lainnya nanti dianggarakan tahun 2022, ” kata Epyaardi Asda.

Penyerahan 4 eskavator ini yang semula akan dipakai pertama oleh nagari Sungai Nanam untuk kecamatan Lembah Gumanti, namun kemudian dibelokkan ke nagari Air Dingin karena Wali Nagari tidak berada dilokasi vaksin.

Begitu juga untuk kecamatan Gunung Talang, awalnya disepati digunakan nagari Jawi-Jawi, namun ketika dipanggil wali nagarinya tidak hadir  langsung diserahkan kepada wali nagari Talang.

semarak
Semarak pelaksanaan vaksinasi massal menjadi momentum penyerahan alat berat kepada empat wali nagari di Kabupaten Solok

Kemduian untuk kecamatan X Koto Singkarak diterima wali nagari Singkarak, dan kecamatan X Koto Diatas diserahkan kepada Wali Nagari Tanjung Balik.

” Kenapa tidak wali nagari, padahal sudah disurati supaya datang lke okasi vaksinasi, ” ujar Bupati Solok.

Penyerahan eskavator secara simbolis dilakukan Bupati Solok H. Epyardi Asda kepada wali nagari Singkarak, kemudian diikuti oleh Kapolres, Dandim serta Kajari Solok.

BACA JUGA:  Polsek KPGD Turun Tangan Bantu Warga yang Tertimpa Pohon Tumbang

Mengiringi penyerahan alat berat menjelang vaksinasi tersebut, bupati Solok H. Epyardi Asda mengaku ingin membangkitkan potensi perekonomian masyarakat melalui budidaya pertanian.

Setelah ada eskavator, kata dia, pak Wali silahkan melalukan pembukaan jalan-jalan usaha tani untuk membuka akses lahan pertanian masyarakat. Nanti jalan yang di buka di nagari, akan ditingkatkan dengan cor semen.

” Dana pengecoran ya kita anggarkan di APBD, kemudian dikerjakan secara swakelalo. Tidak perlu di tender-tender, sehingga ekonomi masyarakat bangkit,” kata Epyardi.

Selanjutkan, bupati juga meminta Wali nagari mendata orang yang lahannya dilalui akses jalan tersebut. Mereka disuruh membuat lobang, nanti Pihaknya akan membantu dengan bibit tanaman.

” Kota sudah sediakan ribuan bibit tanaman durian Montong  bibit Pisang, bibit Alpokat dan apa saja yang ingin ditanam masyarakat sesuai kondisi nagari bersangkutan,” jelasnya.

Dari sisi budidaya tanaman padi dan hortikultura, bupati Solok memastikan pihaknya telah mengikat lerjasama dengan Pemda DKI, Pemko Pekanbaru dan Dumai untuk memasarkan seluruh hasil pertanian Kabupaten Solok ke daerah itu.

” Pasar hasil pertanian  saya yang akan usahakan, kita telah kerjasama dengan DKI, Pekanbaru dan Dumai untuk membeli beras dan hortikultura Kabupaten Solok,” jelasnya.

Semua itu dilakukan oleh Epyardi Asda, diakui sebagai bentuk pengabdian dirinya kepada kampung halamannya dan bertekad Membangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok sebagai Kabupaten Terbaik di Sumatera Barat.

 

Artikel sebelumyaBRI Cabang Painan Bantu RSUD M. Zein dengan Sarana Penunjang Kesehatan
Artikel berikutnyaWalikota Pariaman: Besar Dukungan Masyarakat Mewujudkan Pembangunan Water Front City