Semarak Malam Kesenian Rakyat, Jorong Kampung Baru Sikabau Dipenuhi Warga

66
Kesenian Kuda Lumping yang mengundang decak kagum warga sekitar

DHARMASRAYA – Ribuan warga Jorong Kampung Baru, Kenagarian Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung tumpah ruah dilapangan. jalan pun penuh sesak, sehingga para pejalan kaki saling bersenggolan untuk menyaksikan lebih dekat  penampilan kesenian digelar anak nagari setempat. Kesenian rakyat itu digelar dalam rangka memeriahkan bulan kemerdekaan republik Indonesia ke-74, Sabtu (31/8) malam.

Malam kebahagiaan diselenggarakan pemuda dan pemudi Nagari Sikabau itu, mendapat dukungan penuh dari tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga pemerintahan nagari. Atas dukungan tersebut,  pelaksanaan  malam hiburan menampilkan berbagai macam kesenian tradisional. Mulai dari kesenian Minangkabau, Jawa, dan Batak. Semuanya tampil dihadapan pengunjung, diawali dengan kesenian Randai dari Minangkabau,  Kuda Lumping dari Jawa, serta kesenian  Tari Tor-Tor dari daerah Batak Sumatera Utara.

Harry Permana, Ketua pemuda Nagari Sikabau, sekaligus Ketua pelaksana kegiatan menyebutkan bahwa, acara Alek tahunan pemuda nagari tersebut, telah dimulai sejak dari tanggal 29 Juli 2019 lalu. Mulai dari kegiatan pertandingan Domino, pertandingan Bola Kaki U-35 keatas, dan Yunior.

Selain itu juga dihelat pertandingan Volly Ball, Badminton, Lomba peragaan stand Jorong, Trail Adventure, bdiikuti oleh kaum ibu, sepeda santai, tingkat anak-anak.

“Disinilah lokasi terakhir, sebagai acara penutup dari seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan pemuda nagari Sikabau,” terang Harry Permana.

Ia juga menjelaskan, adanya penampilan kesenian dari beberapa daerah, menggambarkan bahwa Nagari Sikabau memiliki  beragam budaya serta memiliki berbagai kreasi dan talenta  Karena penduduknya multi etnis, ada Minangkabau, Jawa, Batak, Sunda, dan melayu.

BACA JUGA:  Malam Ramah Tamah Peserta Incolwis 2019 dengan Gubernur Sumbar

Namun keindahan dan kekompakan, diambil atas ide kreatif dari daerah asal mereka, dikombinasikan menjadi satu di Kenagarian Sikabau, sehingga menampilkan yang terbaik, dan terstruktur. ” Perbedaan ras, telah melahirkan kami sebagai generasi dewasa, yang akan menjadi pelopor generasi penerus,” pungkasnya.

Sementara itu, M Jumain Kepala Jorong Kampung Baru, memberikan apresiasi kepada Ketua Pemuda Nagari Sikabau, yang selalu “bersitungkin,” bekerja siang malam, sehingga tidak mengenal waktu, demi kesuksesan seluruh rangkaian kegiatan.

Secara terpisah, Is (24), salah seorang pemuda setempat mengaku, kegiatan memeriahkan bukan kemerdekaan tahun ini paling terheboh dan tersukses. Karena disetiap unsur ikut andil dalam kegiatan. Hal ini tentu berkat kepiawaian ketua pelaksana

“Dari setiap rangkaian kegiatan, tampak tersusun rapi, dengan melibatkan seluruh pemuda dan unsur petinggi jorong yang ada. Tentunya, tidak lepas dari kepiawaian ketua pemuda dalam memenej, dan merangkul seluruh unsur. Sehingga semuanya saling rasa memiliki,” puji Is.

Reporter : S Hanif

 

 

Loading...
loading...