Selama Empat Hari, Penduduk Nagari Jawi-Jawi Bertambah Ratusan Orang

Penerimaan mahasiswa Baiturahmah

JAWI-JAWI  –  Kampung Budaya nagari Jawi-Jawi kec. Gunung Talang mendadak ramai. Selama tiga hari, warga di nagari itu bertambah drastis sebanyak ratusan orang. Mereka adalah 700 orang mahasiswa tahun 2017 dari empat fakultas dan dua prodi serta Akademi Keperawatan bersama 100 dosen yang disebar di rumah warga dan ikut mengikuti tradisi serta kebiasaan masyarakat setempat.

Mahasiswa dan dosen Universitas Baiturrahmah di Nagari Jawi-Jawi, Kecamatan Gunung Talang selama empat hari mulai 20 hingga 23 Juni 2019 menggelar kegiatan University Social Responsibility (USR) melalui kegiatan bakti sosial, gotong royong, tabligh akbar, Subuh mubarokah dan festival seni. USR ini juga melakukan pengobatan gratis dengan dokter spesialis, penyuluhan, pemeriksaan gigi dan mulut, penanaman pohon dan gotong-royong.

Selain membantu masyarakat di bidang kesehatan, USR ini juga akan membantu mempromosikan wisata daerah, karena kebanyakan mahasiswa Baiturrahmah atau lebih dari 50 persen adalah pendatang dari provinsi tetangga seperti Riau, Jambi dan lainnya.“Dengan semakin banyaknya mahasiswa tentu daerah wisata akan ramai. Apalagi Nagari Jawi-Jawi adalah kampung budaya,” kata Rektor Universitas Baiturrahmah Prof. Musliar Kasim di sela penyambutan, Jum’at (21/6).

Menurutnya, kegiatan USR fokus pada upaya pengenalan mahasiswa di tengah masyarakat sekaligus menggali potensi yang ada di lokasi pelaksanaan. USR ini menjadi yang ketiga kali dilaksanakan oleh Universitas Baiturahmah. “Kegiatan ini mencakup pengajaran, pengabdian masyarakat dan penelitian tahun ini juga sekaligus memberikan dukungan bagi pengembangan masyarakat di daerah tersebut,”ujarnya.

Terhadap kegiatan itu, Bupati  Solok, Gusmal menaruh harapan besar akan dapat mengubah pola pikir masyarakat nagari itu lebih modern sesuai perkembangan zaman. “Duniakan terus berkembang saya berharap secara berangsur pemikiran masyarakat berubah sesuai zaman seperti pola hidup sehat, bagaimana menjaga kesehatan sesuai yang disosialisasikan mahasiswa kedokteran dan lainnya,” kata Gusmal.

BACA JUGA:  Diikuti 4.519 Peserta, Sekda Pessel Pantau Pelaksanaan Tes CPNS

Bupati menjelaskan selain memberikan penyuluhan kesehatan dan sosialisasi lainnya kegiatan USR Baiturrahmah akan membuat mahasiswa mengetahui dan belajar bagaimana adat di kampung budaya Jawi-jawi tersebut. “Adanya kegiatan USR ini akan membuka pemikiran masyarakat untuk lebih terbuka terhadap hal-hal baru dan baik untuk kehidupan,” ujarnya.

Nantinya, mahasiswa juga dapat memberikan masukan dan saran ke masyarakat sesuai bidang ilmu dikuasai. Ia berharap Universitas Baiturahhmah dapat mengadakan kegiatan serupa pada tahun mendatang di nagari lainnya di Kabupaten Solok dengan bidang pembangunan ekonomi ataupun sesuai program studi mahasiswa di universitas tersebut. “Saya sangat berterima kasih ke Universitas Baiturrahmah yang telah melaksanakan bakti sosial di Nagari Jawi-jawi ini, semoga kedepannya dapat dilaksanakan USR dalam bidang lain dengan gerakan baru,” kata Bupati.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Kabupaten Solok Hardinalis Kobal, menyebutkan pihaknya mewakili masyarakat tentu sangat senang dengan kegiatan USR tersebut, yang dinilai sangat bermanfaat dan terasa efeknya oleh masyarakat.“Kami sangat mendukung kegiatan ini dan kalau bisa kegiatan yang tiga hari dijadikan seminggu agar mahasiswa dan masyarakat bisa saling berbagi informasi tentang budaya, kesehatan dan hal positif lainnya,” kata Hardinalis.

Laporan: Malin Marajo

 

 

Facebook Comments

loading...