Seekor Hiu Tutul Terdampar di Pantai Muaro Surantih Pesisir Selatan

Hiu
Ikan Hiu Tutul ( Rhincodon Typus), sepanjang 7 meter terdampar di sekitaran pantai Muaro Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (26 Oktober 2020).

Beritanda1 – Seekor Ikan Hiu Tutul (Rhincodon Typus), sepanjang 7 meter terdampar di pantai Muaro Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (26 Oktober 2020).

 

Ikan Hiu Tutul tersebut, pertama kali ditemukan oleh nelayan setempat saat menarik pukat hela di Pantai Lansano, sekitar pukul 10.00 WIB.

“Itu ikan kanca-kanca sebutan nelayan disini. Pagi tadi terlihat sudah menepi saja disini,” ujar Irawan seorang nelayan sekitar.

Ia menyebutkan, Hiu Tutul tersebut diperkirakan seberat 2,5 ton. Sebelum terdampar ke pantai, sejumlah nelayan pukat hela sudah berupaya untuk menghalaunya ke tengah laut, namun kembali lagi ke tepi.

“Tadi nelayan sudah menghalaunya ke tengah laut. Namun, tak berselang lama ikan tersebut kembali lagi ke tepi,” katanya.

Sebelum Ikan Hiu Tutul tersebut terdampar ke pantai, ia mengaku memang sudah sering terlihat oleh nelayan berputar-putar disekitaran pulau yang berada di perairan laut Muaro Surantih.

“Lima hari yang lalu, memang sudah sering terlihat ikan itu berenang oleh nelayan kapal. Tapi, masih jauh di tengah laut,” ucapnya lagi.

Namun, karena Ikan Hiu Tutul tersebut terus menepi, akhirnya dibawa nelayan setempat ke kawasan Muaro Surantih menggunakan boat.

“Saat dibawa ke tepi Muaro Surantih, Ikan Hiu Tutul itu sudah mati. Mungkin karena sakit,” tuturnya.

Ia mengatakan, saat ini ikan tersebut berada di Muaro Surantih, di Tempat Pelabuhan Ikan (TPI) Surantih. Dan menjadi tontonan warga sekitar maupun kendaraan yang melintas.

“Tadi masih di dalam Muaro TPI. Ikan itu sudah mati. Kapan mau di eksekusi kami juga belum tahu. Sebab, jika diangkat ke permukaan warga tidak bakal sanggup, karena ukurannya sangat besar,” ujarnya.

BACA JUGA:  Kompor Meledak, Rumah Alius di Air Batumbuk Ludes Terbakar

Terkait adanya Hiu Tutul yang terdampar disekitaran Muaro Surantih, Kecamatan Sutera, Ketua Nelayan Sutera, Ramadhan mengatakan, pihaknya sudah melaporkan ke pihak Dinas Perikanan Pessel, Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi.

“Sudah kami laporkan, informasi terakhir pihak DKP dan BPSPL sudah jalan menuju lokasi,” tuturnya.

Reporter: Okis Rockin

Facebook Comments

loading...