Sebanyak 202 JCH Kab. Solok dilepas Bupati Gusmal ke Tanah Suci

Keberangkatan sebanyak 202 Jemaah Calon Haji asal kabupaten Solok dilepas bupati H. Gusmal, Kamis (4/7) di Gueshouse Arosuka.

AROSUKA – Musim haji tiba. Sebanyak 202 orang Jemaah Calon Haji asal kabupaten Solok tahun 1440 H /2019  ini berangkat ke tanah suci Makkah. Keberangkatan JCH itu, Kamis (4/7) di lepas Bupati Solok H. Gusmal bersama Kakan Kemenag H. Alizar Chan, Kepala KBIH dan Kepala KUA di Guaes House Arosuka.

Mengiringi keberangkatan calon haji ini, bupati Gusmal selain menyampaikan ucapan selamat jalan, juga menyebutkan mereka yang mendapat kesempatan menunailan haji tahun 2019 ini adalah orang-orang yang beruntung. Alasannya,  tidak semua orang memperoleh kesempatan untuk menjalankan ibadah haji.

Ada yang terkendala dengan masalah biaya, ada karena masalah administrasi atau lama masuk dalam daftar tunggu, dan  ada yang memang belum terpanggil hatinya. ”   Tersebab itu, kita berharap para calon jemaah haji kabupaten Solok menguat dan meniatkan hati untuk melaksanakan Ibadah dengan sebaik baiknya,” papar Gusmal.

Bupati Solok memaruh harapan, semoga ditanah suci nanti jemaah haji dapat menambah ilmu agama, semakin dekat dengan sang pencipta dan mendapatkan Haji yang Mabrur.

Satu hal penting yang ditekankan Gusmal kepada jemaah adalah soal kebersamaan dam kesehatan. Bupati mewanti-wanti supaya calon jemaah haji selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam menjalankan ibadah Haji. ” Kita himbau supaya selalu menjaga kesehatan, karna cuaca dan iklim di tanah Air akan berbeda dengan cuaca di tanah suci,” ingat Bupati.

Sebelumnya, kepala Kantor Kemenag Alizar menyampaikan, sebelum keberangkatan, pihaknya sudah melakukan pembinaan bagi calon jemaah haji yaitu pembinaan manasik mandiri yang dilaksanakan oleh KBIH di kab Solok.

Dikatakan, pembinaan Manasik dengan operasional penyelenggaraan Haji, dilaksanakan sebanyak 10 Kali dengan pembagian 8 di kecamatan dan 2 Kali dikabupaten. ” Jemaah haji termuda tahun ini atas nama Ananta Wijaya Darlis,  umur 22 tahun asal Selayo. Sedangkan jemaah haji tertua atas nama Ramaniah Husin Pulan, Umur 88 tahun asal Arosuka,” jelasnya.

BACA JUGA:  Hebat. Dalam Ajang API 2019, Sijunjung Sabet Dua Penghargaan Nasional

Menurut Kakan Kemenag, Jemaah haji kabupaten Solok tergabung dalam kloter IV embarkasi Padang,  yang terdiri dari kabupaten Solok, kota Solok, Solok Selatan dan kota Padang. ” Jadwal pemberangkatan dari Solok  ke Padang tanggal 9 juli 2019. Padang – Madinah 10 Juli. Sedangkan pulang haji dijadwalkan tanggal 21 Agustus 2019,  telah sampai kembali di BIM,” beber Alizar Chan.

Editor : Melatisan

Facebook Comments

loading...