Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, Pemkab Solok Gelar Lomba khotbah Jum’at antar SMP

Islam
Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah disemarakkan dengan lomba Khutbah Ju'at yang dibuka Bupati Solok Gusmal

Beritanda1 – Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Solok bekerjasama dengan PHBI setempat, menggelar Lomba khotbah Jumat antar SMP dan Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) se Kabupaten Solok.

 

Kegiatan lomba yang dibuka Bupati Solok Gusmal di  Masjid Agung Nurul Mukhlisin Islamic Centre Kotobaru itu, Selasa (18 Agustus 2020) dihadiri Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Kakan Kemenag Kabupaten Solok,  Forkopimcam Kubun  Kepala Kantor Urusan Agama Se- Kab. Solok dan Kepala Sekolah SUBP/ Pendamping.

Terkait lomba tersebut, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri selaku Ketua Pelaksana mengatakan,  kegiatan yang digelar sehari penuh itu untuk menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H/2020 M. Pihaknya sekaligus  mengevaluasi program kegiatan SMP SUBP Se Kabupaten Solok dan mencari bibit khusus cabang khutbah Jum`at yang akan dipersiapkan untuk MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 mendatang.

Dijelaskan,  peserta lomba  khutbah Jum`at berasal dari SMP-SUBP Se Kabupaten Solok berjumlah 34 orang, yang terdiri dari 17 orang khatib Jumat, 17 orang muadzin.

“ Panitia  menentukan  thema khutbah yang dibawakan peserta, yakni Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan Negara Republik Indonesia dan  Hikmah Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M,” jelasnya.

Menyambut itu, Bupati Solok Gusmal menyebutkan,  dalam kehidupan masyarakat modern, umat Islam dituntut untuk menerapkan makna hijrah dalarn konteks perjuangannya. Pada peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H di Kabupaten Solok mengangkat Tema “Bersama mewujudkan Generasi Qur`ani Menuju Masyarakat Kabupaten Solok yang Madani”.

Disampaikan Gusmal,  Hakikat Hijrah adalah selalu berada dijalan yang benar. Selalu berubah ke arah yang lebih baik, terutama dalam menjalankan ibadah, peningkatan Iman dan Taqwa dalam menjalani kehidupan sehari –hari. Kita harus punya komitmen untuk berubah kearah yang lebih baik.

BACA JUGA:  Zofrawandi, Wali Nagari Indudur Dinobatkan Sebagai Tokoh Nasional Perhutanan Sosial 2019

“ Untuk itu mari jadikan sarana introspeksi diri, menyadari segala kelemahan selama ini dan untuk selanjutnya berubah kearah yang lebih baik menuju taat kepada Allah SWT melalui peningkatan iman, perbaikan akhlak dan ibadah kepada Allah SWT,” ajak Bupati Gusmal.

Dirinya berharap, melalui lomba ini sekaligus akan dievaluasi sejauh mana progress dan capaian dari program SUBP di Kabupaten Solok. Disamping itu dengan lomba ini berharap akan lahir bibit, khusus di cabang Khutbah Jum`at yang akan mengikuti seleksi Calon Kafilah Kabupaten Solok dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar tahun 2021 mendatang.

“ Kepada para Kepala Sekolah dan pembimbing agar bersabar dalam membimbing siswa-siswa selama mengikuti pendidikan untuk menghasilkan generasi yang berkarakter Qur’ani,” pesan Gusmal.

Reporter: Wezi Rismanto

Editor    : Melatisan

Facebook Comments

loading...