Beranda Daerah Sambut Ramadan, ACT Solok Luncurkan Program GSPR

Sambut Ramadan, ACT Solok Luncurkan Program GSPR

ACT Solok
ACT Solok

Beritanda1Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solok, meluncurkan program GSPR (Gerakan Sedekah Pangan Ramadan), untuk membantu warga yang kesulitan menyediakan bahan kebutuhan pokok selama bulan ramadan.

Pelucuran program GSPR ini bertepatan dengan 1 Ramadan 1442H, Selasa (13 April 2021) di kantor ACT Solok, jalan Datuk Perpatih no. 806 Aro IV Korong Lubuk Sikarah Kota Solok.

Branch Manager ACT SOLOK Tengku Dewan menyebutkan, GSPR ini adalah gerakan sedekah masif yang bertujuan menyemarakkan bulan ramadan.

“Program ini sekaligus membantu saudara-saudara kita yang kesulitan menyediakan kebutuhan pokok sehari hari selama bulan ramadan ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, ada dua kegiatan sebagai aksi nyata program GSPR ini. Pertama, AMW (Air Minum Wakaf) dan LBW (Lumbung Beras Wakaf). Air minum wakaf adalah berupa bantuan dalam kemasan botol 600 ml sebanyak 1,376 karton isi 24 botol yang akan didistribusikan kepada masjid, mushalla dan sekolah.

Act Solok
Air Minum Wakaf

“Dalam implementasinya, ACT Solok akan berkolaborasi dengan berbagai mitra, termasuk instansi pemerintahan, kepolisian dan TNI,” kata Tengku.

Untuk air minum wakaf ini kata dia, bisa didapatkan dengan gratis di masjid dan mushalla di Solok dan sekitarnya seperti Masjid Agung Al Muhsinin, mesjid Al Hidayah, mesjid Syukur dan mesjid lainnya.

Sedangkan untuk LBW, disediakan kemasan 5 kg sebanyak 1000 paket, sengan total sebanyak lima ton yang akan didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu di area Solok raya.

Gerakan ini kata Tengku, adalah gerakan kebaikan dari umat untuk umat,  yang  menyatukan umat untuk bersama-sama membantu saudara yang kekurangan, agar bisa menikmati ibadah ramadannya hingga bahagia nantinya saat hari kemenangan Idul Fitri 1442H.

Act Solok
Penyaluran Air Minum Wakaf Kepada Pengurus Mesjid Agung Al Muhsinin Kota Solok

Tengku Dewan yang juga ketua wilayah MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) area Solok raya menambahkan, ACT Solok membuka ruang untuk para dermawan yang ingin membantu atau berdonasi.

BACA JUGA:  Wali Kota Payakumbuh Terima 130 Paket Sembako Program BNI Berkah Ramadhan

“Sistem ini adalah sistem wakaf, dimana donasi yang disalurkan adalah wakaf tunai yang akan dibagikan dalam bentuk beras dan air,”pungkasnya.

Reporter: Wahyu Haryadi