Sambut HUT ke-74, Pemkab Pasaman Gelar Makan Bajamba Dihalaman Kantor Bupati

4

LUBUK SIKAPING – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kabupaten Pasaman ditandai dengan makan bajamba atau makan dengan duduk bersila di Halaman Kantor Bupati setempat, Selasa (8/10) siang.

Prosesi makan bajamba itu merupakan tradisi yang setiap tahunnya senantiasa dilaksanakan di daerah itu, terutama pada saat memperingati HUT Pasaman. “Hari ini kita bersama para tokoh Pasaman dan undangan, mengelar makan bajamba usai rapat paripurna istimewa dalam peingatan HUT ke-74 Kabupaten Pasaman. Kegiatan ini akan terus kita pertahankan di daerah ini sebagai bentuk kebersamaan tanpa menilai status sosial yang ada,” ujar Bupati Yusuf Lubis.

Dijelaskannya, makan bajamba merupakan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minang terutama bagi daerah Kabupaten Pasaman dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

“Kita memilih halaman Kantor Bupati Pasaman sebagai lokasi makan bajamba, karena lokasinya sangat luas. Ditambah, Kantor Bupati Pasaman merupakan salah satu icon bagi daerah ini. Tahun kemarin, makan bajamba kita laksanakan di halaman DPRD Pasaman, dan tahun ini kita laksanakan di Halaman Kantor Bupati Pasaman ini,” ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Pasaman itu, makan bajamba mengandung makna yang sangat dalam. Dimana tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial diantara sesama.

Sebelum makan bajamba dimulai, perwakilan perempuan dari masing-masing organisasi perangkat daerah, kecamatan dan nagari menghidangkan aelurih makan bajamba yang akan dicicipi para tamu undangan.

BACA JUGA:  Buka peringatan Hari Pramuka ke 58 di Kabupaten Solok, Ini Pesan Wagup NA untuk Generasi Muda

Dalam menyajikan makanan bajamba itu, seluruh perwakilan perempuan memakai baju kurung basiba ciri khas baju kurung Minang.

Kegiatan makan bajamba pada puncak peringatan HUT ke-74 Kabupaten Pasaman itu dihadiri Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Bupati Pasaman H. Yusif Lubis, Ketua DPRD Pasaman Buatomi beseeta anggota DPRD lainnya, Bupati dan Wakil Bupati tetangga, Forum Kumunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda), Sekda Pasaman, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Pasaman, tokoh perantau Pasaman, tokoh adat, bundo kanduang, organisasi dan undangan lainnya.

Reporter: M. Afrizal
Editor     : Melatisan

Loading...
loading...