Beranda Daerah Rumah Suhey Gallery Diresmikan, Kota Solok Miliki  Pusat Cenderamata Representatif

Rumah Suhey Gallery Diresmikan, Kota Solok Miliki  Pusat Cenderamata Representatif

Rumah
Suasana Peresmian Rumah Suhey Gallery di Simpang Sigege Kota Solok

Beritanda1 – Rumah Suhey Galerry yang berada di Simpang Sigege, Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, diresmikan operasionalnya sebagai pusat cenderamata oleh Walikota Solok, Sabtu (23/10/2021).

Ditandai dengan  pemotongan pita oleh Ketua Dekranasda Kota Solok, Ny.Zulmiyetti Zul Elfian Umar, peresmian Rumah Suhey Galerry ini juga dihadiri Ketua GOW  Ny.Nanda Dona Mailani Ramadhani Kirana Putra, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny.Kurnia Jon F Pandu, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXIII Kodim 0309/Solok, Ny. Indria Reno Triambodo.

Semarak peresmian Rumah Suhey Galerry yang merupakan pusat oleh-oleh Kota Solok ini, disambut positif oleh Asisten II bidang Ekonomi, Jefrizal.Spt.MT, Ketua Komisi II DPRD Kota Solok, Yoserizal.SH, Ketua LKAAM setempat H.Rusli Malin Marajo, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra, Kepala Dinas Pariwisata Elvi Basri.SE, Dinas Koperindag dan UMKM, Bagian Perekonomian Pemko Solok serta undangan lain.

Menyambut itu, Asisten II Jefrizal.Spt.MT dalam kapasitasnya sebagai Walikota Solok menyampaikan, pihaknya sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh masyarakat yang memiliki tujuan sama dalam membangun dan memajukan Kota Solok,  yang salah satunya telah dilakukan Rumah Suhey Galery.

Ketua
Ketua Dekranasda Kota Solok mengamati hasil produk UMKM yang dipajang di pusat cenderamata Suhey Gallery

Disebutkan, saat ini Ekonomi Kreatif merupakan program yang digerakkan secara Nasional sampai ke Daerah, karena Ekraf diharapkan dapat menjadi tulang punggung perekonomian bangsa dengan memanfaatkan potensi budaya, kearifan lokal, inovasi dan kreatifitas sebagai sumber ekonomi.

“ Ekonomi kreatif menggabungkan industri budaya tradisional serta bentuk kreatif kontemporer yang didukung oleh teknologi,” kata Jefrizal.

Pemerintah Kota Solok, ulas Asisten II Setda Kota Solok ini,  menyambut baik kehadiran Rumah Suhey Galerry. Pihaknya berharap bisa menjadi pusat oleh – oleh yang tidak hanya mengangkat produk unggulan Kota Solok saja, tetapi termasuk daerah hinterland, seperti yang disampaikan oleh owner Rumah Suhey Galerry.

BACA JUGA:  Sidang Dugaan Pengrusakan Lingkungan KWBT Mandeh, Munculkan Fakta Baru

“ Kami melihat kehadiran Rumah Suhey Galerry sebagai salah satu space kreatif di Kota Solok dan diharapkan dapat mendorong dan membantu para UMKM dan pelaku-pelaku ekonomi kreatif, sehingga dapat mengangkat perekonomian dan derjat kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutur Jefrizal.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Solok, Yoserizal.SH menjelaskan, kehadiran Galeri Rumah Suhey ini akan memberikan semangat baru bagi para pelaku industri kreatif untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitasnya.

“Dukungan dari pemerintah daerah tentunya sangat memberikan energi yang besar bagi pertumbuhan industri kreatif, seperti halnya pembinaan terhadap pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Solok,” tuturnya.

Dengan berdirinya Rumah Suhey ini, sambung Yoserizal., diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat Kota Solok yang  selama ini ketika  kedatangan tamu dari daerah luar, pihaknya bingung mau mencari kemana.
“ Sekarang sudah ada salah satu pelaku ekonomi kreatif yang menyediakan tempat untuk menawarkan produk-produk unggulan yang ada di Kota Solok khususnya, ini tentu sangat baik” jelasnya.

Terhadap harapan itu, owner Rumah Suhey Gallerry, Suherlin mengatakan, tujuan didirikannya Rumah Suhey Gallery  adalah untuk  ikut mendorong dan mengangkat serta membantu pemasaran hasil karya produksi, inovasi dan kreatifitas UMKM, pelaku Ekraf serta komunitas kreatif di Kota Solok khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya

Selain bergerak dibidang ekonomi kreatif,  Rumah Suhey Gallery juga membuka rumah Tahfidz untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Suherlin menyebutkan,  Kota Solok diakui tidak memiliki potensi bahan dan karya andalan spesifik sebagai icon yang akan di promosikan dan pasarkan secara lokal, Nasional maupun internasional.

“ Namun dengan posisi letak Kota Solok yang strategis, kami mencoba memanfaatkan Daerah Hinterlan sekitar untuk mencari bahan-bahan dan produk kriya, kuliner dan fashion untuk diproses dan finishing di Suhey Gallery dengan memberdayakan masyarakat sekitar serta komunitas-komunitas kreatif Kota Solok,” kata Suherlin.

BACA JUGA:  Melalui Video Conference, Wabup Tegaskan Kab. Solok Siap Laksanakan Pilkada Serentak

Pihaknya berharap, dengan hadirnya Rumah Suhey Gallerry bisa membantu mengangkat perekonomian masyarakat sekitar, UMKM, pelaku Ekraf dan Komunitas kreatif potensial di Kota Solok. (Wahyu Haryadi)

 

Artikel sebelumyaKoperasi Syariah Kota Solok Dapat Bantuan Hibah Komputer  dari Pemprov Sumbar
Artikel berikutnyaBangun Jalan Tanpa Anggaran, Dirjen Kemendes PDTT RI Datangi Kota Pariaman