Terima SK, Renaldo Gusmal Menjadi Wakil Ketua DPRD Kab. Solok

63

AROSUKA – Mengiringi penetapan Jon Fiman Pandu sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok definitif periode 2019-2024, kepastian serupa juga diterima anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Solok, Renaldo Gusmal, SE.

Bendahara DPD PAN Kabupaten Solok itu, terhitung sejak tanggal 19 Agustus dipastikan menduduki kursi Wakil Ketua DPRD Definitif bersama salah seorang wakil dari partai Demokrat, yang notabene merupakan tiga partai pemenang Pemilu Lefislatif tahun 2019 di Kab. Solok.

Meski sebelumnya, Renaldo tidak menempati posisi sebagai wakil ketua DPRD sementara, sebagaimana halnya Jon Firman Pandu, yang karena statusnya sebagai Ketua DPC Gerindra Kabupaten Solok, langsung dinobatkan menjadi Ketua DPRD sementara selepas dilantik tanggal 12 Agusut 2019 lalu. Jabatan Wakil ketua sementara dari Partai PAN justru dipercayakan kepada Inovi Munir S.Farm, Apt, karena statusnya adalah Plh. Ketua DPD PAN daerah itu. Namun untuk menjadi pimpinan DPRD definitif, sesuai regulasi, dibutuhkan secarik kertas berupa Surat Keputusan (SK) dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) partai bersangkutan.

Demikian ceritanya kenapa Bendahara DPC PAN kab. Solok itu tidak menempati kursi unsur pimpinan sementara, sehingga menjadi sebuah surprise ketika DPP PAN menetapkan alumni Fakultas Ekonomi Unand Padang itu sebagai Wakil Ketua DPRD definitif.

Kendati Renaldo Gusmal merupakan wakil rakyat dengan perolehan suara terbanyak di Dapil 1 yang meliputi kecamatan Kubung, Gunung Talang dan Sei. Lasi, termasuk karena posisinya sangat strategis dalam struktur kepengurusan partai, namun Renaldo terkesan tenang dan tidak grasa-grusu untuk memperebutkan kursi pimpinan.” Sebagai kader partai, kita tentu lebih mengedepankan kebijakan pengurus pusat. Kita tidak ngotot, karena ada aturan yang memayungi semuanya,” kata suami Sheren Yuliof de Azhike itu tenang.

BACA JUGA:  Ikuti Polling Bakal Calon Walikota Solok Pilkada 2020, Vote Calon Pilihan Anda

Ketenangan putra bungsu bupati Solok H. Gusmal dan Hj.Desnadevi ini lebih tergambar ketika secarik kertas berharga dari DPP PAN berupa SK penetapan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok diterima sejak sepekan terakhir. ” Alhamdulillah, kepercayaan DPP PAN yang merupakan representasi amanah maayarakat ini akan kita laksanakan sebaik mungkin,” ulas tokoh muda kelahiran 12 Agustus 1988 itu kepada Singgalang, Sabtu (30/8) di Arosuka.

SK (Surat Keputusan) bernomor: PAN/A/Kept/KU-SJ/121/VIII/2019 tentang penetapan calon pimpinan DPRD Kab. Solok dari fraksi PAN periode 2019-2024 itu telah memutuskan Renaldo Gusmal, SE. SK dimaksud langsung ditanda tangani oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno tanggal 19 Agustus 2019.

Bagi ayah satu anak: Vallen Keanu Aldrik Shendo itu, memperoleh keputusan Pimpinan pusat tentulah sebuah kebahagiaan dan sekaligus tantangan, agar bagaimana ke depan, dalan kapasitasnya sebagai wakil ketua DPRD Kab. Solok, dirinya mampu menjawab dan mengakomodir kepentingan masyarakat dalam tataran mewujudkan daerah kabupaten Solok yang sejahtera.
” Sebuah kerja besar tentu sudah menunnggu. Mudah-mudahan setelah pengukuhan yang segera diagendakan, kita bersama-sama membangun daerah dan nagari-nagari,” papar Renaldo yang pada Pileg lalu memang mengusung Tagline; Bersama Membangun Nagari.

Menafsirkan posisinya sebagai wakil ketua DPRD, Renaldo tidak ingin muluk-muluk, tetapi secara realistis akan tetap mengedepankan kebersamaan dan konsisten dengan tanggungjawabnya menjalankan fungsi legislasi, pengawan dan fungsi anggaran. ” Dengan mengembangkan komunikasi dengan pemerintah daerah, tentu akan melahirkan harmoni dalam membangun daerah dalam kerangka konsep empat pilar pembangunan yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Solok,” bebernya.**

Loading...
loading...