RA TAUD Al-Ikhlash Juarai Pawai Alegoris Kecamatan Sungai Pagu

162
SOLOK SELATAN— Raudhatul Huffazh (RA) Tahfizh Anak Usia Dini (TAUD) Al- Ikhlash, Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Solsel, berhasil menjuarai Pawai Alegoris tingkat kecamatan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74.
“Alhamdulillah, meraih juara tiga untuk tingkat taman kanak-kanak. Semua berkat kerjasama orantua, ustadzah dan anak-anak semua,” kata Kepala RA TAUD Al-Ikhlash, Afnil Fitri, Minggu (18/8).
Afnil mengatakan, kendati TAUD Al- Ikhlash baru berdiri sekitar dua tahun. Namun, tetap ingin berkontribusi dalam acara perayaan hari kemerdekaan RI ke-74 dalam acara pawai Alegoris di kecamatan Sungai Pagu.
“Konsep pawai yang diusung merupakan ide dari para ustadzah dan pada tahun ke dua ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya,” ujarnya.
Menurutnya, pawai tahun ini berkonsep, bagaimana mendekatkan anak dengan adat Minangkabau. Seperti, ritual adat Manjalang Mintuo, Malatiah Anak dan prosesi Kematian dan hari raya kurban. “Disini, terlihat mulai dari pakaian dan makanan yang serba khas Minang. Kemudian, untuk prosesi Kematian juga ada membawa keranda jenazah dilengkapi kain kaffan dan Bungo rampai,” katanya.
Selain itu, imbuhnya kegiatan tersebut bertujuan supaya para anak senang dan mendapatkan pengalaman baru. “Memang belum ada terbayangkan akan dapat juara. Karena kami pikir kami masih anak bawang. Dan menyadari sejumlah TK di Sungai Pagu banyak yang lebih bagus dan muridnya lebih banyak,” terangnya.
Afnil menambahkan, skema pembelajaran dalam pemberian materi pendidikan, RA TAUD Al-Ikhlash berkomitmen untuk menciptakan generasi hafal quran untuk anak usia dini. Dengan target satu tahun hafal satu juz Alquran.
“Ditambah, supaya bisa baca Alquran dengan metode At Tibyan atau pembiasaan berdoa. Hafal hadits, yang akan menuntun anak untuk “mewujukan gerasi cemerlang, berakhlak Qurani, menuju kejayaan islam,” tandasnya.
Pada tahun ke tiga ini, imbuhnya jumlah murid tahun pertama sebanyak 26 anak, Murid tahun ke-dua 36 anak dan tahun ke tiga sebanyak 47 anak. “Alhamdulillah, selalu meningkat minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya. Kami memiliki tujuh orang guru (Ustadzah) dibawah Yayasan Yayasan Raudhatul Huffazh Solok Selatan yang di ketua Ustadz Zulkarnaini,” tutupnya.
Reporter: JO
Editor: Malin Marajo
BACA JUGA:  Dilantik Rabu Ini, 30 Anggota DPRD Dharmasraya periode 2019-2024 Didominasi Wajah Baru
Loading...
loading...