Putus Covid-19 di Dharmasraya, Dinkes dan Labkesda Gelar Skrining Klaster Pasar Pulau Punjung

Covid-19
tim Dinkes dan Labkesda Dharmasraya melakukan skrining melalui rapid test untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di klaster pasar Pulau Punjung, Kamis (14/05)

Beritanda1 –Upaya percepatan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)terus dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya. Bersama Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) menggelar gelar skrining melalui pemeriksaan Rapid test (RDT)  terhadap klaster yang berada di wilayah Pasar Pulau Punjung Kamis (14/05/20).

 

“Kami menargetkan untuk 129 orang pemeriksaan RDT saat itu, lebih diutamakan bagi para ibu hamil dan pelajar dari daerah terjangkit, berada diwilayah Pasar Pulau Punjung,” sebut Kadiskes  Kabupaten Dharmasraya dr. Rahmadian. S di sela kegiatan tersebut.

Pemeriksaan RDT bagi warga pasar, dengan tujuan untuk mempercepat pencegahan dan penanganan penularan covid-19. Sehingga masyarakat berkunjung ke pasar, tidak cemas untuk melakukan kegiatan perekonomian, dengan selalu mengikuti protokoler kesehatan.

Covid-19
Dinkes dan Labkesda Dharmasraya melakukan skrining melalui rapid test untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di klaster pasar Pulau Punjung, Kamis (14/05)

Walaupun dalam pemeriksan  RDT hasilnya non reaktif, pihak dinas kesehatan juga tetap menghimbau masyarakat agar tetap menjaga jarak, 1-2 meter. Untuk keluar rumah, jika ada keperluan penting tetap memakai masker, serta selalu mencuci tangan memakai sabun.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Dharmasraya, agar selalu mengedepankan keselamatan diri ketika bepergian keluar rumah, dengan tidak mengusap, mata, hidung, dan mulut.

“Upayakan setelah sampai di rumah pulang dari bepergian, untuk tidak menyentuh barang apapun. Segera mandi keramas, dan jangan lupa memakai sabun, atau sejenisnya,” pungkas Jubir Gugus Tugas Covid-19 Dharmasraya ini.

Rahmadian menegaskan, Dinkes tetap berkomitmen melaksanakan tracking dan trassing untuk percepatan dan penanganan covid-19 di Kabupaten Dharmasraya.

Reporter: S. Hanif

Editor: Malin Marajo

Facebook Comments

BACA JUGA:  Cluster Pasar Raya Padang Tambah Lagi 13 Kasus, Total Warga Sumbar Positif Covid19 Sebanyak 607 orang
loading...